SHARE

Liputan6.com, Jakarta Stretch mark adalah guratan yang muncul di kulit akibat fluktuasi lemak di dalam jaringan ikat kulit. Stretch mark sendiri tak hanya muncul pada mereka yang bertubuh gemuk, sebab si kurus pun bisa memiliki selulit.

Tampilan stretch mark yang berupa guratan berwarna putih ini memang bisa membuat kulit tak terlihat mulus kembali. Dan jika Anda termasuk orang yang terganggu dengan adanya stretch mark, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk menghilangkannya baik dengan cara medis atau cara alami seperti yang dirangkum Liputan6.com (11/7).

Cara menghilangkan stretch mark secara medis

1. Salep atau krim yang menyamarkan stretch mark

Sesuai dengan namanya, krim ini memang hanya berfungsi untuk menyamarkan stretch mark saja. Anda bisa mendapatkannya di apotek atau toko-toko obat lainnya.

2. Laser

Dalam hitungan detik, stretch mark akan hilang jika menggunakan laser. Memang cepat. Tapi Anda perlu untuk merogoh kocek Anda dalam-dalam. Dan juga menghilangkan stretch mark dengan menggunakan laser tidak menjamin benar-benar hilang. Jika Anda berhenti melakukan perawatan laser pada stretch mark, maka bekasnya bisa saja timbul kembali.

3. Lotion

Dengan menggunakan lotion yang tentu saja cocok dengan jenis kulit yang Anda miliki secara rutin maka stretch mark akan menghilang secara perlahan. Memakai lotion setiap hari akan membuat kulit semakin kenyal dan mendorong perbaikan kulit yang signifikan.

4. Krim asam retinoat

Asam retionat atau retin-A terbukti efektif untuk menghilangkan stretch mark. Retin-A akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga stretch mark akan memudar.

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dan cepat

5. Minyak vitamin E

Vitamin E memang sudah dipercaya efektif untuk menghilangkan gangguan kulit ringan. Pakai minyak vitamin E secara rutin untuk hasil yang menggembirakan.

6. Minyak jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami selanjutnya. Sebabnya minyak jarak kaya akan vitamin E yang mampu meregenerasi kulit. Oleskan minyak jarak di atas stretch mark sehari 2 kali.

7. Minyak zaitun

Minyak Zaitun

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit . Selain itu minyak zaitun juga mengandung anti-oksidan yang disebut polifenol yang membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu lalu gunakan oleskan pada stretch mark.

8. Cocoa butter

Kandungan cocoa butter telah terbukti baik untuk kulit. Kandungan zat alaminya yakni kalsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin dan tritophan, serta vitamin E dapat melembutkan, melembapkan, dan berfungsi sebagai penangkal radikal bebas pada kulit. Oleskan cocoa butter pada sctretch mark dua kali sehari.

9. Bubuk coklat

Sama halnya dengan cocoa butter, bubuk coklat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan sctretch mark. Caranya adalah dengan membuat pasta dari bubuk coklat yang diberi sedikit air. Oleskan pada sctretch mark dua kali sehari.

10. Lidah buaya

Dengan mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada stretch mark akan membantu menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit sehingga stretch mark akan hilang. Tidak hanya untuk menghilangkan stretch mark, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama jika kulit Anda terbakar.

11. Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Putih telur digunakan sebagai lotion kulit alami. Untuk menghindari bau amis, Anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

12. Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar membantu regenerasi kulit. Kandungan antioksidan alaminya juga berperan penting agar stretch mark segera hilang.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus kentang yang telah direbus lalu campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada stretch mark. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

13. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada stretch mark, proses regenerasi kulit agar terpicu sehingga stretch mark cepat hilang.

14. Minum air mineral

Minum air mineral 8 gelas sehari embantu mencegah penurunan elastisitas kulit dan mempercepat proses regenerasi pada kulit.

15. Berolahraga

Olahraga merupakan cara alami untuk menghilangkan stretch mark yang mujarab karena saat berolahraga kulit akan mengencang. Sehingga stretch mark akan menghilang dengan sendirinya

Selamat mencoba cara alami di atas untuk menghilangkan stretch mark.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here