SHARE

Liputan6.com, Jakarta Lombok adalah salah satu surga dunia bagi pencinta wisata alam. Pulau yang juga menjadi lokasi ibu kota Nusa Tenggara Barat, Mataram ini semakin hari semakin naik popularitasnya baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sering disebut sebagai saudara kembar Bali, Lombok dikenal karena keindahan pantainya. Gugusan perairan pulau ini memang menakjubkan, ditambah dengan pulau-pulau kecil di sekitar yang memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari pasirnya hingga gulungan ombaknya, semuanya menjadi kecantikan tersendiri.

Beberapa titik di Pulau Lombok telah sangat terkenal seperti Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Pantai Kuta, dan Pantai Senggigi. Namun selain destinasi wisata mainstream ini, Lombok juga punya beragam tempat wisata cantik lainnya yang belum terekspos seperti berikut ini.

Gua Bangkang

Anda yang ingin sejenak menyepi dari keramaian dapat mengunjungi Gua Bangkang. Gua yang berada tidak jauh dari Pantai Kuta ini dikelilingi perbukitan dan hutan yang sangat hijau subur dan menyegarkan. Dinding gua pun sangat tinggi dengan celah-celah yang cukup besar.

Gua yang oleh penduduk setempat dikenal dengan Gua Gale-Gale ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian atas dan bawah. Di bagian bawah, Anda akan mendapati gua yang sangat besar dengan salah satu bagiannya berlubang. Melalui lubang ini, cahaya matahari menerobos masuk sehingga menimbulkan efek dramatis yang sangat impresif. Di titik inilah, Anda bisa mendapatkan foto terbaik dengan view dinding-dinding tinggi nan kokoh dan sinar matahari sebagai lighting alami yang sempurna.

Pantai Tebing

Di kawasan Lombok Utara, Anda bisa singgah untuk menyaksikan jejak letusan Gunung Samalas di tahun 1257. Hamparan pasirnya yang luas memang berwarna hitam, tetapi dengan tebing yang menjulang setinggi 20 meter di belakangnya, tempat ini menjadi begitu memesona.

Air pantainya sendiri masih sangatlah bersih karena belum terlalu banyak orang yang berkunjung ke sini. Padahal, akses menuju Pantai Tebing terbilang cukup mudah, sejalur dengan Gili Trawangan. Bila bertolak dari Teluk Kode, Anda hanya perlu berkendara sekitar 45 menit ke arah timur.

Taman Wisata SesaotIdentik dengan pantai tidak berarti Lombok tidak memiliki potensi kekayaan lainnya. Kali ini, cobalah berkunjung ke Taman Wisata Sesaot, Lombok Barat. Destinasi ini merupakan sebuah hutan lindung yang masih sangat alami dengan sumber air mata yang berasal langsung dari Gunung Rinjani.

Di bagian tengah hutan, Anda akan menemukan Aik Nyet, kawasan perairan dengan bebatuan yang sangat sejuk dan segar. Anda bisa berenang atau sekadar foto-foto di lokasi ini. Selain itu, Anda juga dapat berkemah di tengah hutan sembari mendengarkan kicau burung yang terasa begitu menenangkan.

Bukit Anak Dara

Selain Bukit Merese yang terkenal, ada bukit lain di Lombok yang sayang untuk Anda lewatkan bernama Bukit Anak Dara. Bukit dengan ketinggian 1.921 mdpl ini berada di kawasan Lombok Timur dan merupakan bukit tertinggi kedua di Sembalun. Dari sini, Anda bisa mendapatkan sunrise terbaik dengan pemandangan Gunung Rinjani yang dibalut gumpalan awan.

Bukit ini cukup bersahabat bagi para pemula. Setidaknya, hanya dibutuhkan waktu 2 hingga 3 jam untuk mencapai puncak bukit. Karena bukit ini terbilang ‘cukup baru’, maka Anda diwajibkan untuk menyewa seorang guide untuk mendaki.

Menarik, bukan? Kini, Anda tidak perlu lagi hanya berkunjung ke destinasi wisata yang terlalu mainstream ketika berada di Lombok. Pulau di kawasan Nusa Tenggara ini juga menyimpan banyak kecantikan lain yang belum banyak diketahui orang. Sebelum keindahan ini disaksikan oleh lebih banyak publik, mengapa tidak Anda dulu yang mengambil kesempatan ini?

Untuk urusan akomodasi pun, ada banyak alternatif yang bisa dipilih. Di Airy Rooms, Anda bisa mendapatkan hotel di Lombok dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap. Mulai harga 150 ribuan, nikmati istirahat yang nyaman dengan jaminan tempat tidur bersih, AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis di titik-titik strategis Pulau Lombok.

 

(Adv)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here