SHARE

berita.lewatmana.com – Sekarang bully tidak hanya terjadi di dunia nyata, tapi bully di internet juga sangat sering terjadi. Hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa mereka bisa berkata apa saja, toh ini di internet sehingga sikap kesantunan diabaikan. Padahal sebenarnya tidak bisa seperti itu.

Kadang kita tidak menyadari tiba-tiba mendapatkan bully-an, padahal kita mengira bahwa kita tidak melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. Hal ini bisa terjadi karena hal-hal yang kita tidak diketahui. Karena itu di bawah ini adalah tips-tips yang bisa dilakukan ketika mendapatkan bully di internet.

1. Renungkan sejenak

Pada saat membuka sosial media, tiba-tiba saja ada akun yang melayangkan kata-kata kasar. Padahal kita tidak mengenal orang tersebut. Yang pertama kita lakukan adalah kita harus merenung sejenak dan mencoba menebak mengapa orang tersebut membully kita. Apakah ada postingan kita yang tidak mengenakkan, atau ada komentar kita yang juga kasar.

Sumber: littlebylittleblog.com
2. Tidak pedulikan

Jika kita tidak merasa melakukan kesalahan apa-apa dan ada orang tidak jelas yang tiba-tiba melakukan bully di internet. Lebih kita tidak memedulikannya karena ia hanyalah orang yang tengah cari perhatian. Jika kita membalasnya dengan makian serupa, ia akan tambah senang diladeni.

Sumber: littlebylittleblog.com
3. Block akun yang membully itu

Saat menemukan komentar yang cukup kurang ajar, kita bisa langsung block akun bersangkutan dan melaporkannya. Biasanya pihak pengelola cukup peduli sama masalah ini. Akun tersebut bisa saja dihilangkan oleh pengelola karena terbukti melakukan hal yang tidak pantas.

Sumber: BlockTogether
4. Rehat sejenak dari internet

Ketika mengalami bully di internet yang cukup parah, kita sebaiknya istirahat dulu dari online di internet. Mungkin kita jadi kurang update dengan berita, tapi hal itu tidak masalah demi kenyamanan hati kita. Agar kita tidak memikirkan bully di internet itu dengan berlarut-larut.

Sumber: thefutureorganization.com
5. Cari kegiatan menyenangkan di dunia nyata

Saat santai kita bisa mengganti onlineĀ di internet dengan membaca buku yang kita suka. Berkumpul bersama teman-teman. Pastinya lebih mengasyikkan. Apalagi jika kita disibukkan dengan pekerjaan, lebih baik fokus saja pada kerjaan itu.

Sumber: wired.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here