SHARE

berita.lewatmana.com – Berjalan kaki bagi banyak orang adalah hal yang melelahkan. Belum lagi jika ketika berjalan kaki Anda akan kepanasan karena di luar sana matahari sedang terik-teriknya. Orang Indonesia lebih senang menggunakan motor karena praktis dan tidak membuang waktu.

Padahal berjalan kaki itu punya manfaat yang begitu besar bagi tubuh Anda. Apalagi jika Anda melakukannya setiap hari dalam waktu 30 menit saja. Sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan. Inilah manfaat berjalan kaki yang belum Anda ketahui.

1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ tubuh kita yang paling sibuk. Ia bekerja setiap hari secara non stop. Kita saja bekerja selama itu tidak mungkin. Karena kerjanya yang cukup berat inilah yang membuat jantung sebaiknya memiliki asupan. Asupan ini bisa Anda dapatkan dengan cara berjalan kaki secara rutin.

Sumber: Oustorm Crowd
2. Melancarkan sirkulasi pernapasan

Berjalan kaki juga membantu melancarkan sirkulasi pernapasan karena fungsi tenggorokan Anda bekerja sebagaimana mestinya. Racun-racun yang berada di sistem pernasapan pun akan dikeluarkan secara cepat.

Sumber: Oustorm Crowd
3. Melancarkan metabolisme tubuh

Berjalan kaki akan membuat Anda lebih fit karena metabolisme di dalam tubuh Anda berlangsung lancar. Anda pernah merasakan tubuh Anda begitu lemas, padahal Anda tidak merasa sakit sama sekali. Hal itu dikarenakan ada yang salah dalam metabolisme Anda. Cara ampuh mengatasinya adalah dengan berolahraga.

Sumber: Pinterest / Au Naturale
4. Memaksimalkan fungsi otak

Seumur hidup Anda, Anda akan membutuhkan kerja otak. Namun kinerja otak seiring waktu akan terus berkurang karena umur Anda yang semakin tua. Karena itu caranya agar otak bisa berfungsi optimal dalam beberapa waktu ke depannya adalah dengan olahraga secara rutin. Jalan kaki saja sudah cukup membantu.

Sumber: The Conversation
5. Awet muda

Fungsi ajaib jalan kaki lainnya adalah membuat Anda awet muda. Hal ini karena kulit Anda mendapatkan vitamin dari sinar matahari yang cukup. Selain itu karena tubuh Anda segar-bugar, Anda pun akan lebih berpikiran positif sehingga membuat peremajaan kulit Anda berlangsung secara rutin.

Sumber: BBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here