SHARE

berita.lewatmana.com – Difteri saat ini menjadi momok yang menakutkan karena kasusnya cukup mengejutkan. Sebanyak 11 provinsi di Indonesia menetapkan kejadian luar biasa atas wabah difteri yang melanda di daerahnya.

Hal ini pun membuat kepanikan. Bagaimana bisa difteri tiba-tiba menyerang? Banyak yang Anda perlu ketahui tentang difteri agar bisa terhindar darinya. Di bawah ini adalah fakta mengenai wabah tersebut.

1. Tidak hanya menyerang anak-anak

Memang anak-anak yang rentan terkena wabah ini, terutama mereka yang belum melakukan vaksin dan berumur di bawah lima tahun. Namun ternyata orang dewasa bisa juga terkena bakteri corynebacterium diphtheriae. Memang sistem imun orang dewasa lebih kuat, tapi jika ia sering berkontak dengan penderita difteri maka kemungkinan terpapar lebih besar juga.

Sumber: Metro Parent
2. Bisa disembuhkan, tapi juga mematikan

Wabah ini bisa disembuhkan, tapi terlambat penanganan nyawa pun bisa melayang. Karena yang diserang adalah tenggorokan yang punya fungsi utama dalam pernapasan.

Sumber: todaysparent.com
3. Menular dari udara

Inilah yang menjadikan penyakit ini begitu menular karena tersebar melalui udara. Biasanya anak-anak yang paling sering terpapar melalui udara seperti ini karena sistem imun mereka belum sempurna. Bakteri itu bisa menyebar melalui bersin dan batuk-batuk. Kalau dilihat hampir sama seperti penyebaran flu.

Sumber: ntoi.ie
4. Disebabkan karena minat imunisasi yang menurun

Entah apa alasannya masyarakat Indonesia tidak mengimunisasi anak-anaknya. Jika termasuk ke keluarga yang tidak mampu, saat ini pemerintah menyediakan imunisasi gratis. Difteri bisa sangat dicegah dengan cara imunisasi. Lebih baik mencegah sebelum semuanya terlambat.

Sumber: naturalnews.com
5. Penderita difteri harus diisolasi

Mereka yang terkena wabah ini terpaksa harus diisolasi agar bakteri tidak menyebar dan agar proses penyembuhan bisa dilakukan secara efektif. Karena penularannya termasuk sangat cepat, terutama kasusnya pada anak-anak. Biasanya diisolasi selama 2 atau 3 minggu pertama.

Sumber: naturalnews.com
6. Gejala yang mudah dikenali

Mereka yang terkena wabah ini mengalami demam tinggi 38 derajat celcius. Munculnya selaput putih ditenggorokan dan beberapa lama akan mengalami pendarahan sehingga menyebabkan sakit yang luar biasa. Mengalami sesak napas yang cukup kentara karena saluran penapasannya terhalang oleh selaput itu.

Sumber: simomot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here