SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Stevia dikenal sebagai pemanis alami pengganti gula yang dikenal baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Walaupun rendah kalori, ekstrak stevia bahkan bisa 200 hingga 300 kali lebih manis dari gula meja.

Sebagai pemanis alami, stevia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak hanya baik untuk penderita tekanan darah tinggi, masih banyak manfaat lainnya bila Anda mengonsumsi pemanis alami ini. Berikut enam manfaat stevia yang Liputan6.com lansir dari Dr Health benefits, Selasa, 21 Mei 2019.

1. Antikanker

Ada banyak penelitian yang dilakukan untuk memberikan informasi mencegah maupun menyembuhkan kanker. Asupan buah dan sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan secara teratur dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stevia memiliki senyawa antioksidan seperti kaempferol, quercetin, asam caffeic, isoquercitrin, isisteviol, dan asam klorogenat. Salah satunya, kaempferol, dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen.

2. Kecantikan Kulit

Bila Anda ingin memiliki kulit yang cantik, cobalah mengonsumsi stevia secara teratur. Sifat antioksidan yang terkandung membantu menghilangkan keriput, noda kulit, dermatitis, eksim, jerawat, dan ruam.

Antioksidan juga dapat mencegah penuaan dini dengan menghaluskan kerutan. Gunakan daun stevia dan minyak kelapa sebagai masker alami untuk kulit elastis dan cerah.

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet, mengonsumsi makanan dan minuman kaya nustrisi sangatlah penting. Stevia merupakan pemanis pengganti gula yang tidak memiliki kalori. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang sedang program menurunkan berat badan. Anda bisa mencampurkan stevia ke dalam minuman, seperti teh dan kopi. 

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here