SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Sirsak yang bernama asli Annona muricata merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan Afrika. Tak hanya buahnya yang kaya khasiat, ternyata daun sirsak juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Penelitian mengenai daun sirsak menunjukkan bahwa daun ini memiliki efek yang sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan penyakit berat sekalipun.

Anda tinggal merebus sekitar 10 daun sirsak ke dalam air 3-4 gelas. Anda bisa juga menambahkan teh ke dalam air rebusan daun sirsak. Minum sehari dua kali setiap hari dan rasakan manfaatnya. Liputan6.com merangkum enam manfaat daun sirsak dilansir dari Dr. Health Benefits, Kamis, 23 Mei 2019.

1. Mencegah Diabetes

Daun sirsak sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan dan mempertahankan kadar gula darah pada kisaran normal, antara 70 mg hingga 120 mg. Daun ini sangat baik untuk mencegah penyakit pemicu diabetes, seperti obesitas dan gula darah tinggi.

2. Mencegah Kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkat karena gaya hidup tidak sehat. Salah satu cara untuk menurunkannya dengan bahan alami ialah mengonsumsi daun sirsak. Studi membuktikan kandungan yang terdapat di dalam daun sirsak dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Mengobati Penyakit Liver dan Menurunkan Gula

Dengan mencampurkan daun sirsak dan teh, dapat merangsang produksi insulin dengan membantu sel-sel beta di pankreas. Selain dapat membantu mengobati penyakit liver, daun sirsak dapat menurunkan kadar gula karena adanya peningkatan insulin. Gula yang ada akan berubah menjadi energi.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here