SHARE

berita.lewatmana.com – Masyarakat kita terkenal dengan keingintahuannya yang besar. Sebenarnya ini sangat bagus karena tanpa informasi baru, berarti tidak ada pengetahuan baru. Keingintahuan yang besar dapat mendorong seseorang untuk mencari ilmu yang banyak. Hanya ternyata ada sisi negatifnya juga, kita juga jadi ingin tahu urusan orang lain. Biasanya kita tidak ragu melontarkan pertanyaan umum. Namun pertanyaan umum dibawah ini ternyata sekarang bisa dianggap tidak sopan lho.

Pertama kali bertemu seseorang kita akan mengajaknya bicara. Menyapanya dengan sopan itu tidak masalah. Namun kadang-kadang kita akan menanyakan hal yang lebih ke masalah pribadi yang sebenarnya bisa menyakiti seseorang karena orang-orang tersebut tidak ingin mengumbarnya pada siapa pun.

Kita tidak perlu keheranan apabila dijawab ketus bahkan tidak dijawab sama sekali karena kita dianggap tidak sopan. Karena itu sebaiknya pertanyaan umum di bawah ini kita hindari pada orang lain.

1. Gajinya berapa?

Urusan gaji benar-benar urusan pribadi karena itu sebaiknya tidak perlu ditanyakan. Jika bertanya bukannya dikira basa-basi, tapi bisa saja dikira punya maksud terselubung.

Sumber: thestreet.com
2. Kapan nikah?

Pertanyaan umum yang sebenarnya bisa membuat hati seseorang terluka karena kebanyakan dari mereka yang ditanya memang tidak tahu kapan hal itu terjadi. Hindari pertanyaan ini kalau hanya untuk mengejek, daripada membuat orang sakit hati.

Sumber: arabianwedding.com
3. Berat badannya berapa?

Kalau yang bertanya petugas kesehatan atau orang lain untuk kepentingan tertentu mungkin tidak akan masalah. Namun akan menjadi masalah ketika ditanyakan tanpa ada maksud apa-apa karena bisa jadi yang ditanya malah jengkel. Kesannya berat badannya bertambah.

Sumber: wikihow.com
4. Kerja apa? Kok keliatannya kamu santai terus

Pertanyaan ini biasanya membuat bete para freelancer. Mereka lebih sering bekerja di rumah, tapi dikira pengangguran. Padahal sebenarnya setiap bulan mereka punya penghasilan.

Sumber: workhard.com
5. Kamu cewek apa cowok?

Pertanyaan yang biasanya sering dilontarkan di sosial media. Padahal nama yang kita pakai sudah mencirikan. Namun entah mengapa tetap saja ditanyakan seperti itu. Pertanyaan yang sebenarnya terdengar aneh.

Sumber: Dream Stop
6. Berapa umurmu?

Pertanyaan yang dianggap lumrah, tapi di beberapa kesempatan bisa menjadi tidak sopan. Apalagi jika ditanyakan untuk berbasa-basi. Karena kesannya kita beranggapan seseorang terlampau muda atau terlampau tua.

Sumber: dribbble.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here