SHARE

IELTS (The International English Language Testing System) adalah tes ketrampilan Bahasa Inggris yang termasuk menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Tes ini penting sebagai syarat mendaftar beberapa keperluan, misalnya sekolah di luar negeri.

Jika sudah pernah mengikuti tes IELTS sebelumnya, mungkin Anda memiliki gambaran tentang tes tersebut. Tips berikut akan mempermudah Anda lulus tes dengan nilai yang memuaskan. Anda yang belum pernah mencoba juga dapat mengikuti tips ini, lho.

1. Beli Buku IELTS

Buku IELTS sebagai bukumu untuk belajar dalam rangka persiapan tes. Dengan membeli buku IELTS, Anda akan paham dan mengerti tentang tes IELTS secara menyeluruh. Dibuku, Anda bisa melatih speaking, writing, listening, dan reading.

2. Baca Petunjuk dengan Seksama

Saat listening test, maka Anda harus benar-benar fokus, karena ada jawaban dari pertanyaan tersebut tidak lebih dari dua kata. Sedangkan pada writing test, Anda harus memperhatikan jumlah kata yang diharuskan. Jika tidak memenuhi syarat minimum kata tersebut maka nilai akan dikurangi.

3. Catat Skor

Catatlah skor yang Anda dapatkan dari mengerjakan soal IELTS dan waktu yang dihabiskan, lalu perhatikan grafik nilai yang Anda dapatkan, apakah menurun atau tidak. Perhatikan juga kelemahanmu pada tipe soal seperti apa dan cari tahu cara mengatasinya.

4. Terus Belajar

Pada tes IELTS, Anda akan membutuhkan waktu 40 menit untuk listening test dan 10 menit terakhir untuk menyalin jawaban. Belajarlah untuk mengatur waktu yang sesuai dengan tes nantinya. Jika Anda merasa kesulitan saat tes membaca, maka siapkan waktu lebih untuk berlatih sampai lancar.

5. Atur Strategi

Waktu juga hal penting lain saat mengikuti tes IELTS. Maka, sebaiknya buat waktumu seefektif mungkin. Saat tes mendengarkan (listening test), maka sebaiknya fokus pada hal-hal penting yang disampaikan. Saat tes membaca, maka langsung lihat daftar pertanyaan yang tertera, sehingga dapat mempersingkat waktu. Contoh strategi ini bisa membantumu menghemat waktu mengerjakan soal IELTS.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

6. Berlatih Menulis

Tes membaca dan menulis juga membutuhkan keahlian yang tak terpisahkan. Agar lancar mengerjakan tes ini, maka Anda harus sering latihan dan membaca berbagai buku, artikel di majalah, internet, dll. Setelah itu, tulis kalimat dan kosa kata yang baru saja Anda temukan. Perlahan-lahan, Anda akan terbiasa dengan menulis kalimat lengkap dan selanjutnya menulis paragraph lengkap.

7. Cari Teman Belajar

Belajar bersama teman tentu akan membantumu untuk lebih pintar berbahasa Inggris, terutama saat speaking test (tes berbicara). Mendapatkan lawan bicara dalam Bahasa inggris tentu akan membantumu untuk semakin lancar dan berani berbicara dalam Bahasa inggris.

8. Rekam Suara

Saat berlatih speaking maka sebaiknya rekam suaramu dan dengarkan kembali. Dari situlah, Anda bisa mengetahui pengucapan kata yang kurang tepat dan hindari penggunaan kosa kata yang berulang-ulang. Tips persiapan tes IELTS di atas ini bisa membantumu untuk mengerjakan soal dengan baik, tenang dan mendapatkan skor yang sempurna. Untuk dapatkan tempat kursus persiapan IELTS, bisa cek di sini.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here