SHARE

Jakarta – Perbankan akan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebanyak Rp 4 triliun. Dana tersebut diberikan untuk program peremajaan sawit.

“Jadi total seluruh (KUR) Rp 4 triliun alokasi untuk itu (peremajaan sawit). Itu dengan bunga 7%,” kata Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Alexandra Askandar di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (17/5/2018).

Alexandra menjelaskan alokasi dana KUR tersebut nantinya akan dibagi dengan bank yang lain seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk


Menurutnya Bank Mandiri bisa menyalurkan KUR tahap pertama untuk 402 hektar dan tahap kedua 859 hektar.

“Target seluruhnya di awal 402 hektar untuk bank mandiri. Kalau nasional beda lagi. Setelah ini ada di Riau 859 hektar itu baru dua, nanti nambah hari ke hari,” terang Alexandra.

Sementara itu, Deputi II Bidang Koordinasi Pertanian dan Pangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifa Mahmud mengatakan KUR tersebut akan diberikan kepada petani setelah anggaran dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit direalisasikan.

KUR tersebut diberikan untuk membiayai sisa dari anggaran BPDP sebesar Rp 25 juta.

“Kan peremajaan itu kan Rp 55 juta sampai Rp 68 juta range biayanya. kan Rp 25 juta sudah dapat dari BPDP nah sisanya nanti dibayarin KUR,” jelas Musdalifa. (hns/hns)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here