SHARE

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya wajah saja yang membutuhkan perawatan agar tetap terjaga kesehatannya. Tubuh kamu juga membutuhkan perawatan agar tetap terjaga kesehatannya baik itu dijaga melalui dalam maupun luar. Nah, untuk merawat tubuhmu dari luar, kamu bisa mencoba cara sederhana yaitu dengan menggunakan pelembab khusus untuk kulit tubuh.

Namun, banyaknya produk pelembab tubuh (moisturizer) terkadang membuat bingung untuk memilihnya. Ada beberapa jenis pelembab tubuh seperti body serum, body lotion, dan body butter. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk kebutuhan kulitmu.

Semua pelembab kulit dibuat dengan karakteristik tersendiri sehingga memiliki kombinasi air, tipe minyak, dan emolien (pengencer) yang berbeda antara satu sama lainnya. Untuk mendapatkan yang terbaik, kamu harus memilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih pelembab kulit yang tepat untuk dirimu antara lain seberapa kering kulit tubuh kamu, iklim tempat tinggal, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembab.

Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber bedanya body lotion, body butter, dan body serum yang tentunya memiliki fungsi berbeda untuk menutrisi kulit kamu, Selasa (12/2/2019).

Body Lotion

Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum

Pelembab satu ini memiliki tekstur yang paling encer dibanding pelembab kulit lainnya terutama body butter. Body lotion merupakan pilihan paling tepat jika kamu membutuhkan pelembab yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh.

Body lotion juga sangat baik digunakan untuk kamu yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah. Lotion yang baik itu adalah yang lotion yang tidak terlalu berminyak dan menyerap dengan cepat. Lotion merupakan pilihan yang tepat jika kamu hidup di iklim yang lembap atau ketika cuaca mulai panas.

Body Butter

Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum (Foto: fashionising.com)

Tekstur body butter sangat pekat menyerupai mentega. Memiliki bahan dasar yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Paling cocok digunakan pada bagian kulit ekstra kering dan pecah-pecah, seperti siku, lutut dan tumit.

Sebaiknya body butter digunakan pada malam hari sebelum tidur agar paginya kulit kembali lembap. Waktu penyerapan body butter ke kulit sangat lama hingga berjam-jam. Body butter sangat disarankan untuk ibu hamil. Khususnya pada area perut, pinggang, dan paha untuk mencegah timbulnya stretchmark akibat kehamilan.

Body Serum

Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum

Formula body serum lebih ringan dibandingkan body lotion dan body butter. Formula dari body serum cepat meresap di kulit, karena mengandung molekul aktif dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Body serum mampu menargetkan langsung ke bagian yang bermasalah. Biasanya produk serum ini water-based, sehingga kandungan di dalamnya seperti vitamin, antioksidan, latic acid dan glicolic acid mudah diserap kulit. Latic acid dan glicolic acid sendiri bekerja sama dengan fungsi untuk mencegah kulit kering serta kasar.

Body serum sangat baik digunakan bagi kamu yang memiliki kulit super kering, atau kurang suka dengan rasa lengket dari body lotion. Serum mampu bekerja lebih dalam untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit. Selain itu, tekstur body serum lebih ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket karena cepat diserap oleh kulit tubuh.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here