SHARE

Malang – Belasan peserta Festival Wirakarya Kampung Kelir 2018 kesurupan. Festival diikuti pramuka Kwarda Jawa Timur zona 3 Malang Raya dimulai sejak Senin lalu.

Keterangan yang dihimpun detikcom, banyak peserta berasal dari siswa-siswi SMA dan SMK di Malang Raya (Kota, Kabupaten Malang, dan Kota Batu) mendadak jatuh pingsan dan histeris setelah digelarnya panggung musik. Festival ini digelar di Jalan Muharto Gang V, Kedungkandang, Kota Malang.

Jumlahnya mencapai puluhan peserta, namun sekitar 16 orang dilarikan ke puskesmas terdekat.


Jadwal kembali ke home stay (rumah warga untuk menginap) mendadak dikejutkan jatuhnya para korban mayoritas perempuan. Banyaknya korban membuat panitia kewalahan, mobil ambulans baik dari pemerintah daerah dan swasta didatangkan ke lokasi.

“Tadi itu, habis panggung hiburan, untuk malam penutupan. Karena besok pagi acara selesai. Tiba-tiba banyak yang jatuh pingsan,” ujar salah satu panitia, Gusti Rafi, saat ditemui detikcom di Puskesmas Kedungkandang Jalan Ki Ageng Gribig, Kamis (12/7/2018) dini hari.

Mereka dibawa ke puskesmas yang letaknya tak jauh dari lokasi acaraMereka dibawa ke puskesmas yang letaknya tak jauh dari lokasi acara (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)

Rafi yang merupakan salah satu panitia bagian keamanan tak mengetahui pasti penyebab dari kejadian. “Mungkin capek, karena banyak kegiatan,” ungkapnya.
Dia mengatakan kegiatan ini diikuti hampir seribu anggota pramuka. Kegiatan dimulai sejak Senin (9/7) sampai Kamis pagi.

“Kegiatannya utamanya merubah permukiman warga menjadi kampung kelir. Kami membantu mewujudkan itu, dari banyak kegiatan tidak ada yang berat, dimulai dari pagi sampai sore,” bebernya.

Pantauan detikcom, sejumlah korban dilarikan Puskesmas Kedungkandang, yang jaraknya tak begitu jauh dari lokasi.

Beberapa dari mereka terlihat menjalani perawatan di ruang penanganan medis, sebagian sudah dijemput koordinator wilayah untuk kembali ke home stay tempat menginap selama acara dan beberapa lagi dibawa pulang keluarga.
(bdh/jbr)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here