SHARE

JakartaBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI akan menggelar sidang putusan terkait dugaan kecurangan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU. Sidang bakal digelar pada Kamis 16 Mei 2019.

“Bahwa besok akan ada pembacaan putusan terkait dengan dugaan pelanggaran administrasi yang diajukan oleh BPN Prabowo-Sandi terkait dengan situng dan juga terkait dengan quick count. Putusan akan direncanakan pukul 08.00 WIB esok hari,” ujar Komisioner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, di Kantor Bawaslu, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).


Putusan ini berdasarkan hasil aduan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi soal dugaan adanya kecurangan dalam situng KPU pada Kamis (2/5). Kedua pihak baik pelapor dan terlapor yakni KPU pun telah memberikan keterangan selama proses persidangan.

Lebih lanjut, Fritz mengatakan, Bawaslu baru menerima tiga laporan dari BPN. Dua di antaranya sedang dalam proses tindak lanjut. Lalu, satu lainnya yakni laporan BPN yang diajukan pada Jumat (10/5).

Namun, laporan itu kata Fritz masih dalam proses perbaikan oleh BPN untuk dilengkapi.

“Terkait dengan pada Jumat lalu memang Bawaslu menerima ada laporan pelanggaran administrasi TSM yang diajukan oleh kubu 02. Kemudian permohonan tersebut masih diperbaiki. kami meminta ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terkait dengan adanya keterlibatan ASN dan netralitas ASN,” tuturnya.
(knv/knv)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here