SHARE

Makassar – Dua hari menjelang Lebaran, sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Salah satunya cabai merah yang ada di Pasar Pabaeng-Baeng, Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

Dari pantauan detikFinance, cabai merah di tempat ini dijual dengan harga Rp 45.000 per kilogramnya (kg). Sebelumya, cabai merah dijual sekitar Rp 30.000 per kg.

“Dulu di bawah Rp 30.000, sekarang Rp 45.000 cabai merah per kilogramnya. Saya tidak tahu juga tapi mungkin karena cuaca kadang hujan kadang panas jadi pengaruhi harga,” kata salah satu pedagang cabai, Mila, Makassar, Rabu (13/6/2018).


Mila bahkan khawatir pada esok hari yang merupakan puncak jelang Lebaran, akan berpengaruh pada kebutuhan pokok lain, karena banyaknya permintaan.

“Kemungkinan besok bisa naik lagi, tahun lalu saja dijual di atas Rp 100.000, baru ini di bawah Rp 50.000,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang melakukan pemantauan harga mengakui jika harga cabai saat ini mengalami kenaikan. Kenaikan pada cabai hanya masih standar dan wajar karena permintaan meningkat.

“Cabai bervariasi ya, ada Rp 30.000 sampai Rp 40.000 dengan jenis cabai sama. Ini tidak berarti lah, petani cabai kenaikan sedikit dengan jumlah meningkat dan ini masih wajar lah,” kata Enggar.

Video Sandiaga berkomentar tentang harga pangan naik

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here