SHARE

Jakarta – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei elektabilitas calon anggota DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta 1, DKI Jakarta 2, dan DKI Jakarta 3. Sejumlah caleg perkasa pun diprediksi lolos ke Senayan.

Caleg-caleg perkasa itu di antaranya Imam Nahrawi dan Habiburokhman di DKI-I. Hidayat Nur Wahid di DKI-II dan Charles Honoris hingga Haji Lulung di DKI-III.

“Jadi di DKI-I elektabilitas paling tinggi itu ada Imam Nahrawi 15,1 persen. Kemudian nomor 2 ada Habiburokhman (6,8 persen) dan nomor tiga Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio dengan 3,8 persen,” kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di restoran Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).


Survei Charta Politika itu dilaksanakan pada 18-25 Januari 2019. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada total 2.400 responden atau 800 responden di tiap dapil. Margin of error di tiap dapil kurang-lebih 3,4 persen. Survei dilakukan di DKI Jakarta karena dianggap sebagai barometer nasional.

Sementara itu, di daerah pemilihan DKI Jakarta-II Hidayat Nur Wahid (PKS) jadi caleg nomor wahid, disusul Eriko Sotarduga (PDIP). Di dapil DKI-II ini, ada 7 kursi yang tersedia. Pendatang baru Tsamara Amany (PSI) masuk lima besar.

“Yang tertinggi ada Hidayat Nur Wahid 7,1 persen, kemudian ada Eriko Sotarduga 7 persen. Ini juga incumbent. Kemudian Biem Triani Benjamin juga ada 6,6 persen. Ini juga incumbent. Kemudian yang pendatang baru ini ada Tsamara Amany 3,3 persen. Ini sebagai pendatang baru cukup populer dan elektabilitasnya cukup tinggi di dapil II,” ujar Muslimin.

Kemudian di dapil DKI Jakarta-III, Charta Politika merilis nama caleg PDIP Charles Honoris yang unggul atas lawan-lawannya, termasuk Abraham ‘Lulung’ Lunggana, yang kini berbaju PAN. Ada 8 kursi DPR RI dari dapil DKI-III. Yusril Ihza Mahendra yang juga masuk di dapil DKI-III, elektabilitasnya hanya 7,5 persen.

“Kalau kita lihat elektabilitas tertinggi ada Charles Honoris 8,6 persen, kemudian ada Lulung 8,0 persen, kemudian ada Yusril Ihza Mahendra 7,5 persen, Darmadi ini juga incumbent 7,4 persen, kemudian Saraswati ini juga pendatang baru, sebelumnya ada di Jawa Tengah ya, 7,4 persen,” kata Muslimin.

Dari survei yang dirilis Charta Politika, caleg-caleg inilah yang diprediksi masuk ke DPR via DKI. Siapa saja mereka yang perkasa ke DPR? Berikut ini daftarnya.

Survei elektabilitas calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta-I:

Imam Nahrawi 15,1%
Habiburokhman 6,8%
Eko Hendro Purnomo 3,8%
Putra Nababan 3,6%
Bambang Atmanto Wiyogo 3,5%
M Yusuf Mujenih 3,5%

Survei elektabilitas calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta-II:

M Hidayat Nur Wahid 7,1%
Eriko Sotarduga 7,0%
Biem Triani Benjamin 6,6%
Himmatul Aliyah 6,3%
Tsamara Amany 3,3%
Masinton Pasaribu 3,1%
Okky Asokawati 3,0%

Survei elektabilitas calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta-III:

Charles Honoris 8,6%
Lulung AL 8,0%
Yusril Ihza Mahendra 7,5%
Darmadi Durianto 7,4%
R Saraswati Djojohadikusumo 7,4%
Adang Daradjatun 5,5%
Ahmad Sahroni 4,0%
Grace Natalie Louisa 3,1%
(idn/mae)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here