SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Tak semata sebagai peringatan, Hari Bumi yang setiap tahun jatuh di tanggal 22 April lebih bertitik berat pada aksi nyata. Pasalnya, gagasan yang dicanangkan dalam kampanye peduli Bumi ini membutuhkan lebih dari sekadar wacana.

Anda tentunya juga bisa ambil andil dalam gerakan peduli ‘kesehatan’ rumah kita, lantaran tidak ada Bumi kedua. Dilansir dari stuff.co.nz, Senin (22/4/2019), berikut beberapa tindakan yang bisa dikerjakan individu sesuai tema kampanye tahun ini.

Jaringan Hari Bumi tengah mengedepankan daftar tindakan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah perubahan iklim, terutama secara ekstrem, dan melindungi lingkungan guna menyelamatkan ragam spesies di seantero dunia.

Beberapa tindakan yang direkomendasikan adalah mengganti pemakaian sunscreen dengan produk serupa yang ramah untuk koral, ikut dalam gerakan membersihkan pantai atau sesederhana melakukan kegiatan tersebut secara mandiri.

Isu yang paling masif adalah mengurangi pemakaian plastik sekali pakai. Karenanya, pemakaian sedotan bukan plastik, membawa reusable bag ketika berbelanja untuk mengganti pemakaian kantong plastik, serta membawa tempat minum dan makan sendiri, sangat dianjurkan.

Beberapa kegiatan lain yang juga disarankan dalam partisipasi Hari Bumi adalah menanam pohon, minimal satu rumah satu pohon rindang, menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi polusi, dan menghemat listrik, serta menggunakan sumber daya ramah lingkungan.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here