SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo baru-baru ini terlihat mencicipi kuliner khas Palu, Sulawesi Tengah, bernama Kaledo. Sajian ini banyak memakai bahan dari kaki sapi dengan ukuran tulang yang besar, dan sumsum di bagian tulang yang dapat disedot dengan sedotan.

Selain kaledo, Ganjar Pranowo juga mencoba ragam kuliner Donggala. Momen mengunggah selera itu dibagikan dalam sebuah video singkat melalui akun Instagram pribadinya pada 22 September 2019 lalu.

“Nah, hari ini kita ada di lokasi yang terkena bencana di Desa Sirenja yang ada di Donggala bersama bapak Bupati. Hari ini saya disuguhi makanan, ini ada kuliner yang menarik, nasi jagung. Nasi jagungnya ternyata nasi dicampur jagung,” kata Ganjar dalam video.

Selain nasi jagung yang sukses membuat suami Siti Atiqoh Supriyanti ini antusias, ada beberapa lauk sebagai pendamping. Sebut saja ikan teri, ikan palumara, dan sayuran.

Saat mengambil lauk untuk disantap bersama nasi jagung, Ganjar mengungkapkan fakta menarik dari sajian khas Donggala tersebut. Lauk khas yakni sayur dari daun kelor yang ada pisang muda di dalamnya.

“Ini teri duo, ini masakan khas di sini yang menarik kalau kamu mau close-up sedikit terinya ini belang-belang ya dan agak bulat bentuknya,” tambah Ganjar.

2 dari 3 halaman

Menyantap Sajian Khas Donggala

Ganjar Pranowo menyantap sajian khas Donggala. (Screenshot Instagram @ganjar_pranowo/https://www.instagram.com/p/B2slUTGhhFI/?hl=en/Putu Elmira)

Satu piring makanan khas Donggala berisi nasi jagung yang dicampur dengan ikan teri duo, sayur daun kelor, hingga ikan Palumara. Ternyata, ikan ini telah dicari-cari sebelumnya oleh Ganjar Pranowo.

“Nah, ini ikan Palumara. Waduh, ini makannya dicampur di sini juga? Ok. Ini yang saya cari dari kemarin belum ketemu, ternyata ketemunya di sini,” kata Ganjar.

Ganjar terlihat menyantap sajian khas Donggala bersama Bupati Donggala, Kasman Lassa. Menuju akhir video, Ganjar pun memberikan acungan jempol.

“Mana yang sudah pernah kamu coba?” demikian tulis Ganjar menutup keterangan di unggahan video kulinernya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here