SHARE

Dalam kunjungannya ke MRT Jakarta pada Selasa (26-02-2019) lalu, Duta Besar Mesir untuk Indonesia, Ahmed Amr Ahmed Moawad, menyempatkan diri untuk mengucapkan selamat kepada MRT Jakarta. “Saya senang sekali bisa turut serta dalam fase uji coba ini. Ini adalah sebuah awal yang baik dengan 16 kilometer dan saya sangat menikmati perjalanan tepat waktu selama 30 menit dari Bundaran HI ke Lebak Bulus,” ujar ia di sela-sela keriuhan sore itu di salah satu pintu keluar Stasiun Bundaran Hotel Indonesia. “Saya mendoakan MRT Jakarta yang terbaik dalam memenuhi target selanjutnya yang akan selesai di 2024. Ini adalah metode transportasi yang akan menguntungkan bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta dan yang berkunjung ke Jakarta, karena tidak hanya ini adalah transportasi yang aman, namun juga bisa membawa Anda ke tujuan tanpa terkena kemacetan,” ucapnya lalu tersenyum. “Sukses untuk Jakarta dengan transportasi barunya!” ucap ia. Sore itu, Dubes Moawad berkesempatan menjajal kereta pukul 17.13 dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun Lebak Bulus lalu kembali ke Stasiun Bundaran Hotel Indonesia. Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, terlihat mendampingi rombongan.

Selama fase uji coba ini, PT MRT Jakarta mengundang berbagai komunitas untuk ikut serta dengan tujuan agar dapat membantu perusahaan untuk menyebarluaskan tentang budaya bertransportasi yang ingin didorong dengan kehadiran MRT di Jakarta, seperti antre, disiplin, menjaga kebersihan area stasiun dan kereta, juga mengenalkan fitur-fitur baru seperti pintu tepi peron (platform screen doors), dan akses lift untuk penumpang prioritas.

Sore itu, berbagai elemen masyarakat turut menikmati perjalanan 30 menit sepanjang sekitar 16 kilometer dan melewati enam stasiun bawah tanah dan tujuh stasiun layang. “Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa menjaga MRT Jakarta ini. Malu sama negara lain kalau dirusakin atau dikotorin,” ucap salah satu penumpang dari salah satu rombongan tamu undangan.

Menjelang operasi komersialnya pada minggu keempat Maret 2019 mendatang, PT MRT Jakarta membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut dalam uji coba, dimulai pada 12 Maret 2019 nanti, dengan cara mendaftar melalui situs web perusahaan, www.jakartamrt.co.id. Pada masa uji coba ini, masyarakat belum dikenakan tarif. Dengan mengikuti uji coba, diharapkan masyarakat dapat membantu menyebarluaskan tentang MRT Jakarta ke lingkungan masing-masing, termasuk tata cara penggunaan, fitur kereta dan stasiun, serta budaya bertransportasi yang baik dan benar. [NAS]

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here