SHARE

Jakarta – Foto seorang bocah Suriah di tengah gurun 4 tahun lalu kini kembali viral. Foto itu awalnya menuai simpati, namun ternyata ada kontroversi di baliknya.

Foto itu memperlihatkan seorang bocah membawa tas plastik dan dikelilingi oleh petugas UNHCR. Foto ini viral setelah ditwit oleh salah seorang staf PBB pada 2014, atau 4 tahun yang lalu. Kini, foto itu viral lagi.

Seperti dilansir The Guardian, Selasa (13/3/2018), foto itu awalnya diberi caption ‘Ini Marwan, bocah 4 tahun yang terpisah sementara dari keluarganya’.

Foto itu jadi makin viral setelah diretweet oleh penyiar CNN International dengan caption ‘Staf PBB menemukan Marwan, bocah 4 tahun menyeberang gurun sendirian setelah terpisah dari keluarganya dari Suriah’.

Padahal, peristiwa sebenarnya tidak sebatas foto pertama itu. Di foto kedua yang diunggah oleh staf PBB, terlihat Marwan ada di belakang rombongan pengungsi lainnya.

Fakta di Balik Foto Viral Bocah Suriah 'Sendirian' di GurunFoto: Jared Kohler/UNHCR/Twitter

“Dia terpisah, tapi tidak sendirian,” kata Kepala Agensi Pengungsi UNHCR di Yordania, Andrew Harper yang memotret foto pertama.

Harper menyebut Marwan berhasil dipertemukan kembali dengan keluarganya 10 menit setelah terpisah. Namun, foto pertama tentang Marwan sudah terlanjur viral.

Foto pertama Marwan memancing gelombang simpati di media sosial. Muncul pula kecaman atas kondisi Marwan yang terpisah dari keluarganya, seperti awalnya dikira.

Staf humas UNHCR menegaskan bahwa keliru bila Marwan dianggap berjalan sendirian. Dia hanya berada 20 langkah di belakang keluarganya.
(imk/tor)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here