SHARE

berita.lewatmana.com – Berita tentang anak-anak kecil calon pesepakbola masa depan asal Thailand yang terjebak di dalam goa sempat menghebohkan dunia. Bagaimana tidak? Mereka hilang selama sepuluh hari dan ditemukan dalam keadaan yang cukup mengkhawatirkan.

Ada 12 anak yang terjebak bersama dengan seorang pelatih mereka yang berumu 25 tahun. Sekarang kesemuanya sudah berhasil diselamatkan, tapi peristiwa ini tentu saja akan terus mereka kenang selama-lamanya.

Di bawah ini adalah faka tentang penyelamatan para atlet junior sepak bola yang terjebak di dalam goa selama lebih dari 2 minggu.

1. Awalnya terjebak karena air yang menenggelamkan jalur ke dalam goa

Pada saat itu mereka tengah berlatih dan melakukan misi ke dalam Goa Tham Luang. Goa itu bukan goa asing bagi mereka karena sudah beberapa kali dikunjungi. Namun sepertinya di hari itu, nasib baik memang sedang tidak berpihak pada mereka. Hujan turun dengan derasnya. Mereka masuk ke dalam goa dan ternyata air hujan semakin menenggelamkan jalur goa. Akibatnya mereka terpaksa masuk ke dalam goa hingga tidak punya lagi jalan keluar.

Sumber: ESL Library
2. 11 jam penyelaman pertama

Hilangnya 12 anak dan 1 orang dewasa tidak didiamkan saja oleh pihak pemerintahan setempat. Mereka mencari terus di sekitar titik hilangnya rombongan ini. Hingga akhirnya dilakukan pencarian ke dalam goa yang dibantu oleh penyelam profesional. Beberapa di antaranya didatangkan dari luar negeri. Penyelam pertama yang menemukan mereka adalah John Volanthen. John menghabiskan waktu sekitar 11 jam untuk menemukan mereka yang terjebak dan kembali pintu masuk.

Sumber: The Financial Express
3. Membawa alat pemompa air

Pada saat itu di Thailand sedang hujan deras. Agar air tidak meluap, didatangkan alat pemompa air yang mengeluarkan ratusan air galon yang ada di dalam goa. Hal ini sangat membantu meski debit air di dalam goa masih meninggi.

Sumber: AP/REX/Shutterstock (9744676a)
4. 90 orang penyelam yang masuk ke dalam misi

50 penyelam di antaranya adalah berasal dari luar Thailand. Yang paling mengharukan saat mantan anggota angkatan laut Thailand yang meninggal setelah mengantarkan supplai makanan karena kehabisan oksigen.

Sumber: Detroit Free Press
5. Mereka yang terjebak kini selamat dan keadaannya berangsur pulih

Setelah berhasil dikeluarkan dari goa, anak-anak itu langsung dibawa ke rumah sakit. Mereka dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani. Dan juga tidak mendapatkan penyakit yang serius.

Sumber: thecut,com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here