SHARE

Indonesia sendiri memang sudah lama punya nama besar di lintasan atletik, khususnya di nomor lari 100 meter putra. Sebelum Suryo Agung dan Lalu Zohri, nama-nama seperti Mardi Lestari, Purnomo, serta Mohammad Sarengat telah terlebih dahulu membuat wangi Merah Putih di arena atletik.

Purnomo bahkan sempat menembus semifinal 100 meter putra di Olimpiade 1984 yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Ketika itu, dia menjadi satu-satunya pelari Asia yang bersaing dengan nama-nama besar ketika itu, Ray Sewart (Jamaika), Donovan Reid (Britania Raya), dan Sam Graddy (AS).

Ketika itu, Purnomo, yang meninggal pada Februari lalu, memang berada di heat yang berbeda dengan pelari legendaris AS, Carl Lewis dan Ben Johnson (Kanada), yang akhirnya meraih medali emas dan perunggu. Saat itu, Purnomo mencatat waktu 10,51 detik.

Namun, sukses terbesar Purnomo adalah saat meraih perak di Kejuaraan Atletik Asia 1985 yang digelar di Jakarta. Ketika itu, dia mencatat waktu 10,33 detik di bawah sang juara, Zheng Chen (Tiongkok), 10,28 detik.

Catatan Purnomo ini jadi rekor nasional sekaligus mematahkan rekor ASEAN sebelumnya, yang jadi milik M. Sarengat. Sarengat mencetak rekor tersebut saat memenangkan medali emas 100 meter di Asian Games 1962, dengan catatan 10,40 detik.

Di ajang ini pula Sarengat meraih medali emas lainnya di nomor lari gawang 110 meter putra.

Usai era Sarengat dan Purnomo, Indonesia juga punya Mardi Lestari, yang sukses mematahkan rekor Purnomo. Menariknya, rekor ini dicetak Mardi Lestari di ajang lokal, PON XII di Jakarta, Oktober 1989, dengan catatan 10,20 detik.Sebelumnya, seperti juga Purnomo, Mardi sempat juga tampil di semifinal Olimpiade, tepatnya Olimpiade 1988 saat digelar Seoul, Korea Selatan.

Di PON, Bukan hanya rekor ASEAN, dengan catatan 10,20 detik itu juga melewati rekor Asia, milik pelari Tiongkok, Li Tao (10,28). Jadilah ketika itu Mardi Lestari manusia tercepat di Asia!Rekor Mardi inilah yang akhirnya dipatah Suryo Agung, 20 tahun kemudian, dan akhirnya dilewati oleh Lalu Zohri.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here