SHARE

Liputan6.com, Hokkaido – Odori Park di pusat kota Sapporo, Hokkaido, Jepang, dipenuhi lautan manusia dari berbagai bangsa sejak 4 Februari 2019. Magnetnya adalah Sapporo Snow Festival yang menggelar beragam karya seni pahatan es. Digelar ke-70 kalinya, beragam bentuk menarik hadir menyemarakkan suasana. Salah satu bintangnya adalah pahatan es ikon Star Wars.

Liputan6.com atas undangan Japan National Tourism Organization (JNTO) Indonesia berkesempatan melihat langsung karya seni yang dibuat oleh Sapporo Youth and Women’s Associaton itu pada hari terakhir festival, Senin, 11 Februari 2019.

Terletak di Odori Park 10-chome UHB Family Land, tokoh Star Wars yang ditampilkan terdiri dari C-340 yang juga memerankan R2-D2, si robot berbentuk bulat-bulat BB-8, serta Porgs, karakter mirip burung yang banyak dapat perhatian setelah tampil di Last Jedi. Ohya, ada pula pesawat tempur antariksa yang ikut mejeng, Resistence X-Wing Fighter.

Berdasarkan penjelasan pada papan pengumuman, kehadiran karakter-karakter Star Wars dalam festival salju terbesar di Jepang itu adalah untuk memperingati rilisnya film terakhir dari trilogi Star Wars Episode IX yang akan hadir pada akhir 2019 nanti. Selain itu, film Star Wars pertama, Star Wars Episode IV A New Hope rilis pertama kali di Jepang pada 1978.

Para penggemar Star Wars tentu tak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar karakter populer ini. Apalagi, panitia sengaja memutarkan lagu-lagu OST film yang mudah dikenali untuk semakin membangun suasana.

Ada beberapa cara untuk mengabadikannya, dengan yang pertama adalah dengan bermodal kamera pribadi serta meminta tolong orang lain, seperti petugas yang siap dimintai bantuan, untuk memfotokan Anda.

Kedua, Anda bisa meminta bantuan fotografer yang menyiapkan spot paling strategis untuk berfoto di kawasan Sapporo ini. Lokasinya berada di seberang pahatan Es Star Wars. Namun, layanan ini perlu mengantre dan berbayar. Begitu pula bila Anda ingin berfoto langsung di panggung pahatan es.

Karakter Anima Lokal

Sapporo Snow Festival di Hokkado, Jepang. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Sebagai negara yang kerap memproduksi animasi, banyak karakter dari Jepang yang mendunia. Nah, karakter-karakter animasi lokal juga ikutan mejeng sebagai perwakilan tuan rumah yang berada di area sebelah Star Wars, Odori Park 9-Chome.

Meski ukurannya tak sebesar pahatan es Star Wars yang ketinggiannya lebih dari 10 meter, pahatan es warga lokal tak kalah banyak penggemarnya. Salah satu yang mudah dikenali adalah karakter Chibi Maruko Chan dengan teman-teman sekolahnya.

Karakter Chibi mudah dikenali lewat rambut pendek berponi. Bentuknya tetap terjaga baik hingga hari terakhir festival karena tak semua karakter seberuntung itu. Misalnya saja Totoro, karakter populer dari Studio Ghibli yang mulai bocel-bocel meski masih bisa dikenali.

Masih di area yang sama, Anda juga bisa melihat pahatan es yang dibuat untuk menghormati suku asli Hokkaido, Ainu, sekaligus untuk menyemangati warga yang terdampak gempa besar di pulau paling utara itu, tahun lalu. Pahatan yang dibuat berwujud sejumlah hewan yang khas Hokkaido, seperti angsa, beruang, dan elang.

“Suku Ainu masih ada, tetapi karena sudah banyak yang akulturasi, perawakan mereka sudah tak bisa dibedakan lagi,” kata Chiyuki Okada, pemandu kami, kepada Liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here