SHARE

Jakarta, – Jakarta kembali menjadi host drawing turnamen elite internasional. Setelah pengundian grup untuk Piala AFF 2018, kali ini drawing akan digelar untuk menentukan pembagian grup di putaran final Piala AFC U-19 2018.

Pengundian grup Piala AFC U-19 2018 ini dijadwalkan digelar AFC di Hotel Fairmont, Jakarta, pada Jumat sore (18/5/2018) jam 15.00 WIB.

Indonesia akan menjadi tuan rumah pada putaran final Piala AFC U-19 yang bergulir mulai 18 Oktober hingga 4 November 2018.

Piala AFC U-19 diikuti sebanyak 16 tim. Nantinya, akan ada empat grup (Grup A hingga Grup D) sehingga setiap grup berisi empat tim.

Indonesia sebagai tuan rumah, lolos secara otomatis kendati tetap mengikuti fase kualifikasi. Timnas Indonesia U-19 berada di pot pertama bersama Jepang, Arab Saudi, dan Vietnam. Tim Garuda Nusantara sudah pasti berada di Grup A.

Pot kedua berisi Irak, Takijistan, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab. Pot ketiga dihuni Australia, Qatar, China, dan Thailand. Untuk pot keempat berisi Korea Utara, Yordania, Malaysia, serta China Taipeh.

Dua tim teratas dalam setiap grup melaju ke perempat final. Setiap tim minimal berisi 18 pemain dan maksimal berjumlah 23 pemain kelahiran 1 Januari 1999 dan atau setelahnya.

Empat tim teratas (semifinalis dan finalis) akan menjadi wakil AFC tampil di Piala Dunia U-20 pada 2019 di Polandia.

Sebanyak tiga stadion disiapkan untuk event skala Asia ini. Lima stadion itu adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), dan Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi).

AFC sudah menginspeksi tiga stadion itu dan sejauh ini merasa puas. “Secara keseluruhan sarana Stadion Pakansari cukup baik. Tinggal beberapa perbaikan untuk penyempurnaan,” kata Avazbek Berdikulov, Head of National Team Competition AFC, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Head of Competition PSSI, Ronny Suhatril, juga menyakinkan sarana dan prasarana di tiga stadion itu akan siap karena SUGBK, Stadion Patriot, dan  itu juga digunakan sebagai venue Asian Games 2018.

Sebagai catatan, Timnas Jepang berstatus juara bertahan (Piala AFC U-19 2016 di Bahrain) sedangkan Korea Selatan merupakan tim dengan gelar juara terbanyak, 12 kali juara.

Pembagian Pot

Pembagian Pot 

Pot 1: Indonesia, Jepang, Arab Saudi, dan Vietnam 

Pot 2: Irak, Takijistan, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab

Pot 3: Australia, Qatar, China, dan Thailand

Pot 4: Korea Utara, Yordania, Malaysia, serta China Taipeh

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here