SHARE

Makassar – Sebuah kapal bermuatan pupuk tenggelam di perairan Selat Makassar, Sulawesi Selatan. Kapal Mesin (KM) Nurul Yakin yang menuju Parepare itu juga mengangkut 11 orang awak kapal.

“KM Nurul Yakin tenggelam dengan rute Bontang-Parepare bermuatan pupuk dan awak kapal 11 orang,” kata Kepala seksi operasi Basarnas Sulsel, Basri pada Kamis (17/5/2018) dini hari.

Kapal tersebut tenggelam pada Rabu (16/5) sore. Peristiwa itu diketahui setelah Basarnas mendapat laporan dari kapal asal China, MV China Steel Growt, yang tengah melintas di perairan Makassar. 11 awak KM Nurul Yakin itu juga dapat diselamatkan oleh MV China Steel Growt.

“Namun belum diketahui penyebab pasti tenggelamnya, karena kendala bahasa antara kami dengan pihak kapal China itu. Tapi informasinya sebelas awak kapal KM Nurul Yakin berhasil dievakuasi,” tambahnya.

Saat ini Tim Basarnas sedang melakukan penjemputan dan mengevakuasi 11 awak kapal tersebut. Mereka akan dibawa ke pelabuhan Paotere Makassar.

“Rencana intercept dilakukan oleh 12 orang tim kami dengan menggunakan KN SAR Antasena, pada posisi 05° 04′ 00″ S 118° 57′ 00″ E. Dengan jarak 26 Nm dari pelabuhan Paotere Makassar arah 277° Barat barat laut, pada pukul 04.15 Wita ini. Untuk tinggi gelombang di selat Makassar, setinggi 0,5 – 1,5 meter,” pungkasnya.
(abw/jor)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here