SHARE

berita.lewatmana.com – Kim Jong Un bisa jadi adalah pemimpin termuda di dunia. Namun ia dikenal sebagai pemimpin Korea Utara yang kontroversial. Ia adalah anak bungsu dari Kim Jong-il, tapi berhasil mendapatkan tahta ayahnya. Kebijakan-kebijakan yang ia keluarkan dianggap sudah ketinggalan zaman karena terlihat mengekang rakyatnya sendiri. Banyak yang mengkritik Kim Jong Un karena kebijakan-kebijakannya itu.

Sumber: Getty

Kemarin-kemarin juga ia sering bersetigang dengan Amerika Serikat dan membuat perintah penembakan rudak di sekitar Samudera Pasifik. Hal ini pun hampir memecah peperangan karena rudal tersebut disinyalir sempat melewati wilayah Jepang.

Namun kejutan tidak hanya di situ, karena tiba-tiba sebuah acara di Jepang yang bernama Yabai Hanashi The World menampilkan wawancara dengan petinju Jepan Daiki Kameda yang menyebutkan bahwa Kim Jong Un adalah penggemar manga. Lebih tepatnya manga Slam Dunk dan Dragon Ball.

Sumber: nbcnews
Lalu bagaimana bisa Daiki Kameda mengetahuinya?

Beberapa saat lalu, Daiki Kameda berkunjung ke Swiss dan bertemu dengan Gabriel Meyer di kota Bern. Ternyata waktu kecil dulu, Kim Jong Un pernah bersekolah di kota tersebut, tapi menggunakan nama lain untuk menyembunyikan identitasnya. Gabriel Meyer menyebutkan bahwa pemimpin Korea Utara itu hampir sama seperti anak seumurannya, belajar dan bermain. Kim Jong Un kecil juga dikenal mudah bergaul bersama teman-temannya dan sering bermain bola basket.

Siapa sangka Gabriel Meyer menyebutkan bahwa pemimpin Korea Utara itu senang baca komik juga, terutama Slam Dunk dan Dragon Ball. Slam Dunk dan Dragon Ball sendiri merupakan manga yang populer di mana-mana, tidak hanya di Jepang. Sebenarnya tidak mengherankan juga karena hobi baca manga Slam Dunk itu akhirnya membuat Kim Jong Un sering bermain basket. Hal ini pun menimbulkan keterkejutan pada masyarakat Jepang sendiri.

Berharap bisa menghentikan kebijakan rudal nuklir

Saat ini disinyalir Korea Utara sudah mengembangkan rudal nuklirnya dan hal tersebut dianggap berbahaya, apalagi bagi negara Jepang. Karena pernah merasakan sendiri bagaimana menakutkannya bom nuklir itu, netizen Jepang pun berharap Kim Jong Un menghentikan kebijakannya yang tak berdasar itu. Ia penggemar manga, harusnya ia juga bisa lebih bersikap manusiawi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here