SHARE

berita.lewatmana.com – Sebuah desa bebas sampah rasanya sulit ya? Apalagi sampah adalah sesuatu yang terus dihasilkan oleh manusia setiap harinya. Namun keberadaan sampah tidak bisa diremehkan karena bisa menjadi kebaikan dan keburukan juga jika tidak diolah dengan sebagaimana mestinya. Sampah yang menumpuk dan dibiarkan seperti itu akan menjadi sumber penyakit dan racun bagi udara di sekitar.

Masyarakat Jepang terutama di Desa Kamikatsu menyadari kehadiran sampah bisa menjadi hal yang menyulitkan jika mereka tidak sama-sama berjuang. Akhirnya pemerintahan setempat membuat peraturan yang sebenarnya cukup rumit untuk pengaturan sampah ini. Namun pengaturan ini membuat Desa Kamikatsu disebut sebagai desa bebas sampah.

Desa Kamikatsu yang setiap harinya tidak ada sampah yang terbuang percuma

Dinyatakan desa bebas sampah karena sampah-sampah yang ada dikumpulkan dan diolah kembali menjadi hal-hal yang berguna. Awalnya Desa Kamikatsu lebih memilih membakar sampah-sampah mereka. Namun kemudian mereka menyadari bahwa hal itu tidak baik bagi lingkungan. Karenanya mereka mencari cara lain untuk mengolah sampah-sampah itu. Tidak mengherankan sekarang Desa Kamikatsu tampak begitu asri.

Sumber: jpninfo

Akhirnya pemerintahan setempat dibantu oleh inisiatif warganya membuat aturan pembuangan sampah yang sebenarnya sangat rumit. Seluruh warga harus membuang sampah sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan. Ada 34 kategori sampah yang bisa diisi. Misalnya kaleng alumunium, kertas karton, kertas glossy, sampah-sampah itu dibagi-bagi dengan kategori yang sesuai dengan bahannya.

Mungkin kalau diterapkan di Indonesia akan membuat kita pusing tujuh keliling ya. Awalnya di desa bebas sampah ini juga demikian. Namun mereka mau berusaha karena itulah program ini berhasil.

Sumber: Aspeer / YouTube

Setelah membagi-bagi sampah sesuai dengan kategori, para warga di desa ini juga belajar mengolah sampah-sampah yang sudah dikumpulkan menjadi benda-benda yang bisa digunakan lagi. Benda-benda ini bisa dibawa oleh para warga yang sudah susah-payah membagi-bagi sampah mereka sesuai dengan kategorinya.

Sumber: Aspeer / YouTube

Dikatakan sebagai desa bebas sampah, apa yang dilakukan oleh Desa Kamikatsu ini bisa ditiru oleh tempat lain. Asalkan ada niat dari seluruh warga, pasti tujuan yang dicanangkan akan tercapai.

Sumber: shermainpea / Instagram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here