SHARE

berita.lewatmana.com – Luo Dengping merupakan wanita asal Tiongkok yang punya kemampuan luar biasa. Ia mampu memanjat tebing dengan tinggi seratus meter tanpa menggunakan pengaman satu pun. Panjat tebing dengan pengaman saja sudah menyeramkan, apalagi tidak menggunakan pengaman.

Luo Dengping melakukan hal ini bukan karena hobi, tapi ini merupakan tradisi yang sudah turun-temurun diwariskan di keluarganya yang dikenal sebagai orang Miao. Mereka memang berlatih memanjat tebing tanpa pengaman sejak kecil, tapi sebenarnya yang biasanya melakukannya adalah pria. Dan Luo Dengping telah berhasil membuat terobosan baru.

Sumber: BBC video
Luo Dengping, keberaniannya menarik perhatian dunia

Sebenarnya kemampuan ini wajib dimiliki karena mereka punya tradisi menguburkan keluarga yang meninggal di lubang-lubang yang ada di tebing. Selain itu mereka juga sering mencari obat dari tumbuh-tumbuhan yang tumbuh di sekitaran tebing. Dan tradisi ini sampai sekarang masih dilakukan.

Dan Luo Dengping merupakan wanita pertama di keluarganya yang punya kemampuan ini. Hal itu dilakukan karena ayahnya tidak punya anak laki-laki. Ayahnya dikenal sebagai pemanjat tebing yang handal. Meski begitu, ayahnya tetap mengajari Luo menjadi pemanjat yang handal tanpa bantuan pengaman apa pun. Dan hasil latihan kerasnya itu berhasil. Luo sekarang menjadi wanita yang pemberani. Kemampuannya ini sering mendapatkan perhatian dari para wisatawan yang datang ke sana.

Sumber: BBC video
Luo Dengping lahir dari keluarga sederhana

Ia hidup sederhana di tempat yang sangat indah. Sehari-harinya ia bekerja mencari obat di tebing-tebing. Kemudian kemampuannya ini diketahui oleh pemerintah setempat. Akhirnya pemerintah pun mau membayarnya untuk menarik perhatian wisatawan yang datang. Atraksinya ini memang disukai oleh wisatawan yang melihat. Perbulannya Luo mendapatkan uang sekitar enam juta rupiah.

Dalam sehari, Luo bisa melakukan panjat tebing dua kali. Jumlah gajinya memang tidak seberapa dengan risiko yang harus ia hadapi setiap memanjat tebing. Namun karena hal ini sudah mendarah daging di kehidupannya, Luo pun menerimanya. Sampai sekarang ia masih senang melakukan panjat tebing dan belum sekali pun terjatuh karenanya.

Sumber: BBC video

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here