SHARE

Jakarta – Seorang warga asal Depok, Jawa Barat, Amelia, harus menempuh jarak 7 Km dalam waktu 3 jam karena kemacetan di Tol Cikampek arah Jakarta selepas GT Cikampek Utama. Dia mengatakan melewati GT Cikampek Utama KM 70 sekitar pukul 18.30 WIB dan baru mencapai KM 63 sekitar pukul 21.30 WIB.

“Sekitar jam 18.30 ya di Cikampek Utama, setelah nge-tap di Cikampek Utama itu udah stuck. Beruntung waktu nge-tap (pukul) 18.30 masih lancar, tapi pas udah keluar itu langsung kena macet, nggak gerak sama sekali. Ini agak gerak sih, ini udah di KM 63 sekarang,” kata Amelia saat bercerita dengan detikcom sekitar pukul 21.30 WIB, Jumat (7/6/2019).


Dia mengatakan dirinya berangkat dari Bumi Ayu, Jawa Tengah sekitar pukul 14.30 WIB. Sepanjang perjalanan dirinya menyebut lalu lintas lancar karena sistem satu arah menuju Cikampek.

“Aku dari Bumi Ayu menuju Depok, itu berangkat dari jam 14.30, sebenarnya cukup lancar di Cipalinya, Cikampek Utama ini macet parah,” ucapnya.

Amelia, yang menempuh perjalanan bersama keluarganya ini berharap sistem one way diterapkan hingga Jakarta. Menurutnya, lalu lintas bisa lebih lancar jika sistem satu arah diterapkan hingga Jakarta.

“One way kan sampai Cikampek Utama kan kalau nggak salah, jadi setelah Cikampek Utama, brek semua kendaraan jadi satu. Sarannya sih, pengennya sampai Jakarta one way gitu kan,” ujar Amelia.

Kepolisian sendiri memberlakukan sistem satu arah atau one way yang dimulai Jumat (7/6) hingga Senin (10/6) pada pukul 12.00 hingga 24.00 WIB. Titik penerapannya dimulai dari KM 414 Kalikangkung hingga KM 70 Cikampek Utama.

Selepas GT Cikampek Utama, kepolisian menerapkan sistem contraflow ke arah Jakarta. Arus kendaraan dari arah Jakarta dikeluarkan dari Karawang Barat KM 47, Karawang Timur KM 54 dan Dawuan KM 67.

Bagaimana perjalanan arus balik Anda tahun 2019 ini? Ceritakan pengalaman dan foto Anda dengan mengirim e-mail ke [email protected]. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!
(haf/haf)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here