SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Harga bawang merah dan tinggi masih terpantau tinggi di pasar tradisional. Yang paling murah adalah bawang merah yang dijual pedagang hingga Rp 40 ribu per kilogram (kg), tetapi harga bawang putih masih menembus Rp 50 ribu per kg dan ada yang menjual sampai Rp 60 ribu.

“Bawang merah Rp 40 ribu per kg.  Bawang putih sekarang naik Rp 50 ribu per kg, yang kating sekarang Rp 55-56 ribu, seperempat Rp 15 ribu per kg,” ujar Lena (64) kepada Liputan6.com di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Senin (22/4/2019).

Lena menyebut harga cabai-cabai menurun, yakni cabai rawit seharga Rp 30 ribu per kg, cabai merah keriting di kisaran Rp 23-Rp 25 ribu per kg, dan cabai hijau kecil bisa dibanderol pada Rp 35 ribu per kg.

Berbeda dari harga bawang, harga sayuran terpantau tak bergejolak. Harga wortel ada di kisaran Rp 10 ribu-12 ribu per kg, kentang di rentang harga Rp 11 ribu-12 ribu, hanya saha tomat masih relatif tinggi yakni Rp 18 ribu-Rp 20 ribu/kg. Lena menyebut mengambil mengambil langsung komoditas sayur dari Kramat Jati.

Pedagang lain Yani (50) menjual sedikit lebih tinggi, yakni harga bawang merah seharga Rp 45 ribu per kg. Sementara, bawang putih sama-sama dijual Rp 60 ribu per kg.

“Harga yang kating dan banci sama sekarang, tergantung kita saja jualnya berapa,” jelas Yani yang menjual harga  bawang putih seperempat kilo seharga Rp 15 ribu.

Untuk komoditas cabai, Yani menjual cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg, cabai rawit keriting Rp 35-40 ribu. Cabai hijau di tempatnya pun naik. “Yang hijau Rp 40 ribu. Naik. Biasanya Rp 32-35 ribu,” ucapna. 

Pada komoditas sayuran lain, harga wortel impor Rp 25 ribu per kg, tomat juga hampir sebulan berada di harga Rp 20 ribu per kg, sudah hampir sebulan, dan kentang seharga Rp 14 ribu per kg. 

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here