SHARE

Pasar Beringharjo dikenal oleh wisatawan domestik dan luar negeri. Letaknya yang berada di pusat kota dan bagian selatan Malioboro menyajikan berbagai barang-barang kerajinan, baju batik, hingga makanan khas Yogyakarta.

Sebagai surga belanja wisatawan, Pemerintah Kota Yogyakarta melihat Pasar Beringharjo sebagai peluang ekonomi. Sehingga Pasar Beringharjo yang mulanya buka sampai sore diperpanjang sampai malam hari.

“Pasar Beringharjo bisanya buka sampai sore. Nah, mulai 11 April akan buka sampai malam,” ujar Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi belum lama ini.

 

 

Fashion dan Kerajinan Tangan

Suasana yang begitu ramai dan berdesakan di  pasar Beringharjo Yogyakarta,(26/6). Dengan menawarkan harga yang murah, pasar Beringharjo menjadi primadona bagi pecinta wisata belanja di Yogyakarta. (Boy T Harjanto)

Ia mengatakan, rencana awal Pasar Beringharjo akan buka sampai pukul 22.00 WIB. Sembari berjalan, pasar tertua di Yogyakarta ini sudah disiapkan untuk buka sampai malam hari.

“Pedagang pasar jelas menyambut baik dan sangat antusias. Jadi, yang buka sampai malam itu seperti fashion dan kerajinan. Kalau seperti sayur dan kebutuhan sehari-hari tidak buka,” ujarnya.

Heroe menjelaskan rencana buka sampai malam Pasar Beringharjo masih bersifat uji coba. Pemerintah pun berencana akan mengevaluasi.

“Kalau bagus jalan terus. Rencana ke depan tidak hanya Pasar Beringharjo saja, beberapa pasar lain terutama yang menjajakan kerajinan, fashion, dan kuliner,” katanya.

Saran dari Wisatawan

Warga memadati pasar Beringharjo Yogyakarta,(26/6).Blok penjualan pakaian paling banyak di serbu warga meskipun lebaran masih menyisakan sepuluh hari.(Boy T Harjanto)

Heroe mengaku ide awal Pasar Beringharjo buka sampai malam datang dari saran wisatawan dan pegiat wisata. Wisatawan kebanyakan mengeluhkan Pasar Beringharjo tutup pada sore hari, padahal kebanyakan wisatawan datang ke kawasan Malioboro pada malam hari.

“Yang dikeluhkan kepada kami itu, sudah dari pagi sampai siang jalan-jalan ke Prambanan, pantai dan malam mau belanja ke Malioboro atau Pasar Beringharjo tutup,” ungkapnya.

Pihaknya akan memasang papan informasi terkait Pasar Beringharjo yang buka sampai malam. Selain itu, akan ada penambahan dan perbaikan lampu di Pasar Beringharjo.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here