SHARE

Jember – Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, menyebut dalam beberapa tahun Indonesia akan menghadapi fenomena berupa kesenjangan sumber daya alam yang menipis, bersamaan dengan meningkatnya sumber daya manusia yang relatif tak terbatas.

“Dalam beberapa tahun-tahun ke depan, kita akan menghadapi hukum kelangkaan dimana terjadi kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dengan ketersediaan sumber daya alam yang terbatas. Faktanya hari ini pun kita sudah berada dalam persaingan bahkan peperangan perebutan sumber daya alam antar negara,” ujar Basarah dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/4/2018).

Hal itu diungkapkan Basarah saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa calon penerima Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Jember di Gedung Aula Panglima Besar Soedirman, Kantor Bupati Jember.

Dalam paparannya di depan sekitar 2.000 mahasiswa, Basarah mengatakan kalau Indonesia ditakdirkan oleh Tuhan sebagai negeri yang melimpah sumber daya alamnya. Namun, kekayaan alam itu malah banyak dieksploitasi asing lantaran ketergantungan ekonomi pada pihak luar.

Menurut dia, kondisi ini karena Indonesia tidak memiliki kualitas dan karakter sumber daya manusia yang unggul untuk mengelola kekayaan bangsa Indonesia. Sehingga, ini menjadikan negara ini tidak bisa menjadi tuan di negeri sendiri.

Basarah lalu mengutip pernyataan Bung Karno dalam Pidato HUT RI tahun 1966 yang sudah mengingatkan bahwa membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, yang perlu dilakukan pertama kali adalah membangun jiwa bangsa. Investasi manusia, hanya bisa dilakukan lewat perbaikan kualitas pendidikan.

“Investasi materil harus disertai dengan investasi sumber daya manusia, karena kekayaan terbesar Indonesia bukan terletak pada minyak, emas, batu bara dan hasil lautnya, kekayaan bangsa ini justru ada pada manusianya. Dengan SDM yang handal kita bisa mewujudkan kedaulatan politik, keberdikarian ekonomi, kepribadian yang berbudaya,” pungkas Basarah.
(idr/ega)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here