SHARE

berita.lewatmana.com – Nyakim Gatwech adalah model Amerika Serikat yang berasal dari Sudan. Perjalanannya menjadi model cukup panjang dan penuh liku. Ia adalah model berkulit hitam legam yang cukup langka. Karena itu orang-orang yang pertama kali melihatnya akan berpikiran dan berkomentar macam-macam. Bahkan ada yang menyarankannya untuk menyuntikkan pemutih ke tubuhnya agar warna kulitnya berubah.

Sumber: Nyakim Gatwech / Instagram
Model berkulit hitam ini bersyukur dengan apa yang ia miliki

Namun Nyakim Gatwech tidak pernah memikirkan komentar-komentar itu. Sejak kepindahannya di Amerika Serikat, teman-teman seumurannya cukup banyak yang mengatainya dengan hal yang menyakitkan. Namun Nyakim tetap berusaha menjalankan kehidupannya sebaik mungkin.

Hingga suatu hari ia mengikuti event catwalk yang diadakan di sekolahnya. Itu pun tidak dibayar, ia secara sukarela memamerkan baju rancangan temannya sendiri. Dari situlah siapa sangka bakatnya menjadi model terlihat dan ia mulai dilirik oleh dunia luar.

Sumber: Nyakim Gatwech / Instagram

Nyakim kemudian memberanikan diri pindah ke New York untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Di kota besar inilah karirnya semakin melejit. Ia mendapatkan tawaran pemotretan setiap harinya dan jadwal kerjanya semakin padat. Berkulit hitam membawa anugerah tersendiri baginya.

Sekarang Nyakim sering menjadi model majalah-majalah lokal Amerika Serikat dan juga ia pernah mengikuti banyak event internasional untuk memeragakan busana ternama seperti Calvin Klein dan Aldo.

Jalan hidup Nyakim yang penuh perjuangan ini tentunya menjadi inspirasi oleh banyak orang. Saat ini rasisme karena warna kulit masih terjadi dan menjadi masalah yang tidak pernah ada habisnya. Banyak yang mengira bahwa mereka yang berkulit hitam dekat dengan kesengsaraan dan kepayahan. Padahal itu hanya asumsi belaka.

Sumber: Nyakim Gatwech / Instagram
Yang terpenting adalah mencintai diri sendiri

Nyakim mengatakan bahwa agar bisa menghadapi semua hal itu, yang pertama dilakukan adalah mencintai diri sendiri dulu. Keadaannya beberapa kali terpuruk, bahkan ada masa-masa ketika ia ingin menyerah, tapi jika ia menyerah begitu saja, ia tidak akan mencapai posisi seperti yang sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here