SHARE

Liputan6.com, Jakarta Pesatnya perkembangan teknologi informasi diakui telah membawa dampak negative utamanya bagi anak yang lahir di era tahun 2000-an. Banyak dari anak-anak sudah paham mengunakan gadget. Meski demikian, aktris cantik Mona Ratuliu sangat membatasi akses bermain gadget untuk anak-anaknya yang masih kecil. 

Mona Ratuliu memang tak membolehkan anak-anaknya menggunakan gadget terlalu sering. Dirinya pun memiliki trik tersendiri saat anak-anaknya mulai kecanduan bermain gadget.

“Kalau sudah kadung kecanduan sih memang harus di-detox, jadi otaknya di-reset lagi. Sebenarnya sih butuh waktu kurang lebih satu sampai tiga bulan, kalau bisa dijauhin dulu dari semua perangkat elektronik,” ujar Mona Ratuliu di sela-sela Seminar parenting dengan tema Mendidik Generasi Milenial di Era Digital di Pacific Place, Jakarta, baru-baru ini.

2 dari 3 halaman

 Tak Mudah

Mona Ratuliu saat menjadi pembicara di acara seminar Mendidik Generasi Milenial di Era Digital

Apa yang dilakukan Mona Ratuliu memang tak semudah yang dibayangkan. Menurutnya, dibutuhkan disiplin dan ide kreatif orangtua untuk memberikan aktivitas menarik bagi anaknya.

“Orangtua kadang-kadang terasa berat di saat detox gadget. Nggak boleh terus anaknya kita cuekin, apalagi dimarahin tiap hari, jadi memang musti dikasih aktivitas-aktivitas yang menyenangkan buat dia,” kata Mona Ratuliu.

3 dari 3 halaman

Pengetahuan

Mona Ratuliu saat menjadi pembicara di acara seminar Mendidik Generasi Milenial di Era Digital

Selain Mona Ratuliu, narasumber dalam seminar tersebut adalah Siti Evangeline. Mereka membagikan pengetahuan dan pengalaman seputar parenting dari kacamata seorang praktisi parenting dan psikolog. 

Seminar parenting yang digelar setiap tahun menjadi media untuk menyediakan informasi  seputar  keparentingan untuk orang tua. Seminar parenting ini juga sebagai rangkaian penutup dari acara Daycare Seasonal Program yang telah dilaksanakan pada 10 – 14 Juni 2019.

“Esensi menjadi orangtua adalah bagaimana bisa mendidik anaknya agar bisa berdiri di kaki sendiri,” ujar Mona Ratuliu saat menceritakan pengalaman parentingnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh HR&GA Manajer Pasific Place, Nanny Kurniawan. Menurutnya, peran orangtua memang harus ditingkatkan dalam pengasuhan untuk memberikan batasan dan pengertian kepada anak.

“Kecenderungan bermain gadget merupakan salah satu isu negative yang dapat mengakibatkan menurunnya kecerdasan sosial dan efek kesehatan bagi anak,” ujarnya.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here