SHARE
Patung Lilin Jokowi di Hongkong Kini Kenakan Kemeja BatikFoto: dok. KJRI Hong Kong

Jakarta – Patung lilin Presiden Joko Widodo yang terpajang di Museum Madame Tussauds Hong Kong kini mengenakan kemeja batik. Sebelumnya, patung tersebut mengenakan kemeja putih lengan panjang.

“Setelah lebih dari tiga bulan mengenakan baju putih ciri khasnya, mulai tanggal 12 Agustus 2017, kemeja batik akan menghiasi patung lilin Presiden Joko Widodo di Museum Madame Tussaud Hong Kong,” kata Komisaris Jenderal RI di Hong Kong, Tri Tharyat dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/8/2017).

Patung Lilin Jokowi Kenakan Batik/Patung Lilin Jokowi Kenakan Batik/ Foto: dok. KJRI Hong Kong

Tri mediskusikan teknis pergantian tampilan ini kepada pihak Museum. Sebab, mengingat batik adalah satu ikon negara Indonesia dan sebagai satu warisan budaya UNESCO.

“Pemakaian kemeja batik di patung lilin ini akan lebih mengenalkan batik kepada publik sebagai satu warisan Budaya UNESCO,” ujarnya.

Baca juga: Patung Lilin Jokowi di Madame Tussauds Hong Kong Akan Pakai Batik

Sebelumnya, Presiden Jokowi datang berkunjung ke Madame Tussauds Hong Kong pada tanggal 1 Mei 2017 lalu. Waktu itu dia menyempatkan mampir di sela pertemuan dengan pemerintahan Special Administrative Region (SAR) Hong Kong. Patung Jokowi dipajang berdekatan dengan patung lilin Pesiden pertama RI, Ir Sukarno.

Patung Jokowo Berdekatan dengan Soekarno/Patung Jokowo Berdekatan dengan Soekarno/ Foto: dok. KJRI Hong Kong

Dia mengatakan patungnya akan mengenakan kemeja batik. Kemeja batik yang dipasangkan di patung lilinnya itu memang asli miliknya sendiri.

“Iya, dari sini (Indonesia) asli, bukan dari mereka. Jangan keliru, asli dari sini, dijahit di sini. Asli, asli dan sudah saya pakai,” tutur Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (10/8).
(cim/elz)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here