SHARE

Elisa Suteja, narasumber Impact Talks yang lain, menambahkan pemimpin juga harus bekerja sama secara internal. Pemimpin yang baik akan mengayomi anggota dan rekannya.

“Pemimpin itu harus punya kemampuan eksekusi (ke dalam). Jadilah pemimpin yang tidak hanya fokus ke luar, ketemu investor terus, tapi juga merangkul anak-anak di dalam. Pemimpin harus bisa menyatukan apa yang tim mau,” pungkasnya.

Kedua, memiliki kemampuan mempengaruhi. Bagaimana anggota akan patuh dan ikut bekerja sama jika pemimpinnya tidak bisa mempengaruhi anggota tentang visi, misi dan tujuan kelompok?

Ketiga adalah kemampuan membuat keputusan. Pemimpin, terutama di sektor bisnis, harus pandai mengambil keputusan yang tepat untuk kelangsungan bisnisnya. Selain itu, pengambilan resiko juga penting agar pemimpin bisa meminimalisir kesalahan setiap pengambilan keputusan.

Terakhir, memberi manfaat. Bukan hanya diri sendiri, tapi anggota kelompok dan masyarakat sekitar.

“Terakhir, impact. Dampak, manfaat. Di dalam impact ada act (aksi), maksudnya manfaat yang tersebar tergantung aksi yang dilakukan. Pemimpin harus bisa bertindak dengan baik agar bisa menebar manfaat yang baik untuk masyarakat,” tuturnya.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here