SHARE

Liputan6.com, Jakarta Mencari informasi dan referensi sebanyak-banyaknya itu sangat penting sebelum liburan ke negara lain. Apalagi mengingat biaya penginapan dan transportasinya yang tidaklah murah.

Tentu saja ini tidak hanya untuk ke satu negara saja, tapi juga ke semua negara, termasuk ke Turki. Negara yang memiliki arsitektur super ikonik ini memang jadi salah satu destinasi favorit para traveller.

Jika Anda ingin liburan ke Turki, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari tahu semua informasi tentang negara Eropa Timur ini. Mulai dari aturannya, pengurusan visa, mata uang, dan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih jelasnya, berikut tips dan persiapan yang harus Anda terapkan saat hendak liburan ke Turki untuk pertama kalinya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Visa on Arrival (VoA) atau e-Visa

Sama seperti saat liburan ke negara di Benua Eropa atau Amerika, Anda juga harus punya visa kalau mau liburan ke Turki. Ada dua jenis visa yang bisa dipilih, di antaranya:

a. Visa on Arrival (VOA), yaitu visa yang diperoleh ketika Anda menginjakkan kaki di Turki. Visa ini bisa diurus di loket VOA dengan membayar sekitar 35 USD. Tapi, Anda harus rela mengantri hingga berjam-jam karena jumlah wisatawan yang mengurus visa jenis ini sangatlah banyak. Untuk mekanisme pembayaran VOA, Anda harus membayar pakai uang tunai, bukan pakai kartu kredit.

b. e-Visa, yang mekanisme pengurusannya jauh lebih mudah daripada VOA. Selain mudah, biaya pengajuan e-Visa jauh lebih murah, yaitu sebesar 25,70 USD (sudah termasuk biaya servis).

Siapkan laptop yang sudah terkoneksi internet, lalu bisa situs resmi untuk aplikasi visa Turki. Ikuti petunjuk yang tersedia dengan benar sampai e-Visa milik Anda terbit dalam bentuk file PDF.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here