SHARE

Dalam kunjungan kerjanya ke MRT Jakarta pada Selasa (19-3-2019) lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyebutkan hari peresmian MRT Jakarta. “Peresmian nanti hari Minggu (24 Maret 2019) sekaligus groundbreaking fase berikutnya utara-selatan. Kita juga akan percepat pembangunan yang east-west (timur-barat),” ucap ia dari dalam kereta menuju Stasiun Bundaran Hotel Indonesia. “Yang penting (dari kehadiran MRT Jakarta) adalah membangun budaya dan peradaban baru tentang bagaimana masyarakat antrenya ketika masuk kereta, tidak terlambat sehingga tidak terjepit di pintu. Hal-hal inilah yang terus dikenalkan dan disosialisasikan ke masyarakat sehingga betul-betul paham bagaimana MRT itu ketika bergerak dari stasiun satu ke stasiun berikutnya, dari titik satu ke titik yang lainnya,” lanjut Presiden Joko Widodo. Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo kali ini ditemani oleh sejumlah menteri dari Kabinet Kerja, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, Kepala Polisi RI, Tito Karnavian, dan Direksi PT MRT Jakarta. Rombongan tiba di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia sekitar pukul 11.43 WIB dan menaiki kereta pukul 12.00 WIB dengan tujuan Stasiun Lebak Bulus. Selama melakukan kunjungannya, tak lupa Presiden Joko Widodo melayani permintaan masyarakat yang sangat antusias untuk berfoto bersama.

Presiden Joko Widodo juga mengimbau agar masyarakat mulai beralih menggunakan transportasi publik. “Terutama pengguna mobil dan sepeda motor di dalam jalur (MRT Jakarta) ini saya ajak mulai beralih ke MRT yang sangat nyaman ini. Nantinya juga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) agar masyarakat mau tidak mau akan menggunakan transportasi publik,” ucap ia di hadapan awak media. “Intinya, kita ingin ke depannya pembangunan transportasi massal dan penataan tata ruang di Jabodetabek dalam jangka waktu 10 tahun bisa diselesaikan,” ujar ia.

“Terkait tarif MRT Jakarta, nanti akan diputuskan oleh Pemerintah Provinsi dan DPRD DKI Jakarta, mudah-mudahan segera sebelum peresmian,” jawab ia ketika ditanya wartawan terkait tarif tiket MRT Jakarta. Presiden Joko Widodo juga menyambut baik antusiasme masyarakat yang sangat besar untuk ikut dalam uji coba publik ini. Ia juga berharap agar kota lain seperti Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Tangerang Selatan dapat segera membangun sistem transportasi massal MRT.

Saat ini, PT MRT Jakarta sedang menjalankan uji coba publik yang telah dimulai pada tanggal 12 Maret 2019 lalu dan direncanakan berakhir pada 23 Maret 2019 mendatang. PT MRT Jakarta juga menaikkan kuota per hari menjadi 50 ribu orang dan dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya tersebut. [NAS]

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here