SHARE

Washington – Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) akan bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih pada 20 Maret mendatang. Pertemuan tersebut merupakan salah satu agenda dari kunjungan MBS ke Amerika Serikat bulan ini.

“Presiden menantikan untuk membahas cara-cara memperkuat hubungan antara Amerika Serikat dan Arab Saudi,” kata juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders saat mengumumkan perihal pertemuan Trump dan Putra Mahkota Saudi tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (13/3/2018).

Putra Mahkota Saudi dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke AS pada 19-22 Maret mendatang. Putra Raja Salman itu berkunjung ke Washington, New York dan Boston. Sebelum ke AS, MBS telah berkunjung ke Mesir dan Inggris. Kunjungan tersebut merupakan lawatan luar negeri MBS yang pertama sejak menjadi putra mahkota Saudi.

Sebelumnya, dalam kunjungan ke Inggris pekan lalu, MBS disambut dengan sejumlah aksi demo yang digelar di beberapa lokasi di London. Para demonstran memprotes keterlibatan Saudi dalam konflik di Yaman. Para demonstran juga memprotes pelanggaran-pelanggaran HAM di Saudi.

MBS yang sangat berpengaruh di Saudi itu, diketahui memiliki hubungan yang sangat baik dengan Trump dan menantunya, Jared Kushner. Putra Mahkota Saudi itu dipuji negara-negara Barat karena menjanjikan masyarakat Saudi yang lebih terbuka, salah satunya dengan mengizinkan kaum wanita mengendarai dan melonggarkan aturan mengenai musik.

(ita/ita)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here