SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie telah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Setelah keluarga serta para tamu undangan meninggalkan lokasi, sejumlah warga pun mulai memadati pusara almarhum BJ Habibie.

Berdasarkan pantauan, warga mulai berdatangan ke makam Habibie sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka beramai-ramai antre memanjatkan doa untuk Habibie.

Tak hanya berdoa, warga yang mengantre juga berselfie di pusara Habibie dengan meminta penjaga untuk mengabadikan fotonya.

Beberapa warga yang berfoto juga tampak memegang pesawat kertas di atas pusara suami dari almarhumah Ainun Habibie, sang istri tercinta. 

Salah seorang petugas sempat meminta agar para warga tidak memasuki batas garis yang telah ditetapkan. Namun, warga yang antuasis tetap tak mengindahkan larangan tersebut hingga melewati garis merah untuk berfoto. 

“Jangan sampai masuk ya bu,” teriak petugas makam.

Makam BJ Habibie menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara, Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

2 dari 3 halaman

Posisi Makam BJ Habibie

Warga yang mengantre juga berselfie dengan pusara Habibie dengan meminta penjaga untuk mengabadikan fotonya. (Foto: Liputan6/Lizsa Egeham)

Di sebelah makam Ani Yudhoyono terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro. 

Sedangkan tepat di belakang makam BJ Habibie terdapat makam Wakil Presiden ke-4 H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia Rabu malam, 11 September 2019. Dia mengembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di RSPAD, Jakarta. 

BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun dan wafat karena gagal jantung.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here