SHARE

Liputan6.com, Jakarta – Black Market (BM) atau istilahnya pasar gelap menjadi wadah tersendiri bagi orang-orang yang menginginkan berbagai produk luar negeri yang sebagian besar tidak dijual resmi di Indonesia.

Berbagai produk diperjual belikan di pasar ilegal ini, termasuk gadget yang menjadi salah satu produk terpopuler di antara yang lainnya.

Sesuai dengan namanya, produk-produl yang dijual di black market memang ilegal dan tidak memiliki izin resmi untuk dipasarkan di dalam negeri.

Kondisi seperti ini bisa terjadi akibat banyak hal, termasuk perizinan dan kebijakan pemerintah yang cukup ketat terkait dengan masuknya produk luar ke Indonesia. Namun jangan salah, kualitas produk di black market juga tak kalah bagus.

Inilah salah satu alasan mengapa pasar black market seolah tidak pernah sepi peminat. Jika Anda berniat untuk membeli barang black market, pastikan Anda memahami dengan baik berbagai kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan.

Hal ini penting, untuk menghindari berbagai masalah dan kerugian atas pembelian yang dilakukan. Seperti dikutip dari Cermati.com, inilah kelebihan dan kekurangan barang black market yang harus diketahui sebelum membelinya.

1. Bisa Mendapatkan Barang Berkualitas

Bagi mereka yang sudah terbiasa berbelanja di black market, mengenali dan membeli berbagai produk berkualitas baik tentu bukan masalah lagi.

Berbagai produk gadget misalnya, yang dipasarkan di black market dan dibuat di negara asalnya, biasanya memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada gadget dengan brand dan seri yang sama tapi dibuat di Indonesia.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here