SHARE

Kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan meneruskan tren pertumbuhan pada kuartal I 2019. Kredit perbankan tumbuh sebesar 11,55 persen secara year on year (yoy).

Sementara piutang pembiayaan tumbuh 5,17 persen yoy, menguat dibandingkan periode sebelumnya. Pertumbuhan kredit sektor pertambangan dan konstruksi meningkat signifikan masing-masing tumbuh 31,5 persen yoy dan 27,1 persen yoy.

Kredit kepada industri pengolahan, salah satu sektor dengan porsi kredit terbesar tumbuh sebesar 9,5 persen yoy.

Penghimpunan dana juga menunjukan kinerja yang positif. Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan meningkat dibanding kuartal sebelumnya, per kuartal I 2019 tumbuh sebesar 7,18 persen yoy.

Sementara itu, asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi berhasil menghimpun premi masing-masing sebesar Rp 44,3 triliun dan Rp 25 triliun pada kuartal I 2019.

Di pasar modal, korporasi berhasil menghimpun dana Rp 28 triliun, dengan jumlah emiten baru sebanyak enam perusahaan. Sementara itu, total dana kelolaan investasi tercatat sebesar Rp 762triliun, meningkat 5,8 persen dibandingkan posisi yang sama pada  2018.

Profil risiko lembaga jasa keuangan juga terjaga pada level yang manageable. Risiko kredit berada pada level yang rendah, tercermin dari rasio Non-Performing Loan (NPL) gross perbankansebesar 2,51 persen (NPL net: 1,12 persen).

Sementara itu, rasio Non-Performing Financing (NPF) perusahaan pembiayaan stabil pada level 2,71 persen (NPF net: 0,62 persen).

Risiko pasar perbankan juga berada pada level yang rendah, dengan rasio Posisi Devisa Neto (PDN) perbankan sebesar 2,16 persen, di bawah ambang batas ketentuan.

Pertumbuhan intermediasi didukung likuiditas perbankan yang terjaga pada level yang memadai, tercermin dari liquidity coverage ratio dan rasio alat likuid/non-core deposit masing-masing sebesar 201,03 persen dan 113,18 persen.

Jumlah total aset likuid perbankan yang mencapai sebesar Rp 1.250 triliun pada akhir Maret 2019, dinilai berada pada level yang cukup tinggi untuk mendukung pertumbuhan kredit ke depan.

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here