SHARE

Singapura – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dirinya ‘mempercayai’ pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un setelah keduanya bertemu untuk pertama kali di Singapura. Trump juga mengaku yakin bahwa Kim Jong-Un akan menepati poin-poin dalam pernyataan bersama yang telah mereka tanda tangani.

Dokumen yang ditandatangani Trump dan Kim Jong-Un di akhir pertemuan bersejarah di Singapura, berisi pernyataan bersama dari kedua pihak.

Dalam pernyataan bersama itu, Trump berkomitmen memberikan jaminan keamanan bagi Korut, sedangkan Kim Jong-Un mempertegas komitmen kuat dalam menuntaskan denuklirisasi Semenanjung Korea. Keduanya juga menyepakati pembentukan hubungan baru AS-Korut dan menyepakati perwujudan perdamaian abadi dan kuat di Semenanjung Korea.


Saat ditanya oleh wartawan CNN, Jim Acosta, apakah dirinya mempercayai Kim Jong-Un, Trump menjawab: “Saya percaya.”

“Saya percaya. Saya pikir dia (Kim Jong-Un) ingin menyelesaikan persoalan,” ucap Trump seperti dilansir CNN, Selasa (12/6/2018). Hal ini disampaikan Trump dalam konferensi pers yang digelar usai pertemuan bersejarah dengan Kim Jong-Un.

Lebih lanjut, Trump menyatakan keyakinannya bahwa Kim Jong-Un akan ‘menepati’ isi dokumen yang telah ditandatangani keduanya di akhir pertemuan bersejarah di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura.

“Saya pikir mereka (Korut-red) tidak pernah memiliki keyakinan pada seorang presiden, seperti yang mereka rasakan sekarang ini, untuk menyelesaikan persoalan dan pada kemampuan untuk menyelesaikan persoalan,” ujar Trump.

“Dia (Kim Jong-Un) sangat teguh pada fakta bahwa dia ingin melakukan ini (poin dalam pernyataan bersama) — Saya pikir dia mungkin ingin melakukan ini sama besar atau bahkan lebih besar dibandingkan saya. Mereka (Korut-red) melihat masa depan cerah untuk Korea Utara. Jadi Anda tidak pernah tahu, bukan,” imbuhnya.

(nvc/ita)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here