SHARE

Singapura – Dalam pertemuan dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjukkan sebuah video yang menampilkan Korut di masa depan jika memilih jalur perdamaian. Kim Jong-Un dan delegasi Korut disebut terpesona dengan video itu.

Seperti dilansir CNN dan Channel News Asia, Selasa (12/6/2018), video itu ditunjukkan Trump via iPad saat dirinya menggelar pertemuan bilateral dengan Kim Jong-Un dan jajaran pemerintahannya di Hotel Capella, Pulau Sentosa pada Selasa (12/6) siang waktu setempat.

Video yang ditunjukkan Trump ke Kim Jong-Un dan jajarannya itu merupakan sebuah film ilustrasi yang menunjukkan masa depan Korut. “Saya pikir mereka menyukainya,” ucap Trump saat konferensi pers usai pertemuan bersejarah dengan Kim Jong-Un.


“Sekitar delapan orang perwakilan mereka menontonnya dan saya pikir mereka terpesona,” imbuhnya kepada para wartawan.
Disebutkan Trump bahwa Kim Jong-Un terkesan dengan apa yang dia lihat dalam video itu. “Ini adalah versi dari apa yang akan terjadi (terhadap Korut jika pilih perdamaian),” sebutnya.

Trump kemudian menyerahkan salinan video itu ‘dalam bentuk kaset’ kepada Kim Jong-Un. Saat ditanya wartawan apakah dirinya tidak khawatir jika video itu malah akan dimanfaatkan sebagai propaganda oleh Korut, Trump mengaku tak khawatir.

“Tidak, saya tidak khawatir. Kita bisa memakai video itu untuk negara-negara lain,” ujarnya.

“Saya akan melakukan apa saja yang diperlukan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih aman. Jika saya harus duduk satu panggung dengan Pemimpin Kim dan itu akan membuat kita bisa menyelamatkan 30 juta nyawa … Saya bersedia untuk duduk di panggung,” kata Trump.

Dituturkan Trump bahwa dirinya juga membujuk Kim Jong-Un dengan menyatakan hotel terbaik dunia bisa dibangun di Korut, jika rezim komunis itu memilih jalan perdamaian.

“Sebagai contoh, mereka punya pantai-pantai sangat bagus. Anda lihat bahwa setiap kali mereka meledakkan meriam ke lautan. Saya katakan, ‘Lihat pemandangan itu’. Tidakkah itu akan menjadi kondo yang bagus? Saya katakan, ‘Daripada melakukan itu (uji coba rudal), Anda bisa memiliki hotel-hotel terbaik di dunia’,” tutur Trump.

“Pikiran dari perspektif real-estate. Korea Selatan dan China dan mereka (Korut-red) memiliki daratan di tengah. Seberapa burukkah itu?” ucap Trump yang seorang pengusaha real-estate berpengalaman ini.

(nvc/ita)

Baca Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here