SHARE

berita.lewatmana.com – Selama ini yang kita lihat adalah pantai sampah yang makin bertambah saja jumlahnya. Rasanya sulit sekali menyingkirkan sampah-sampah itu dari pantai karena setiap hari jumlahnya semakin bertambah saja. Namun pantai sampah di India ini berhasil membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Selama 20 tahun melakukan perubahan besar-besaran, akhirnya pantai ini bisa bebas dari sampah.

Awalnya adalah pantai sampah yang sangat mengkhawatirkan
Sumber: Twitter @AfrozShah1

Sebelum mengalami pembersihan besar-besaran, pantai sampah ini benar-benar mengkhawatirkan. Hampir seluruh daratannya dipenuhi dengan sampah dan bisa dikatakan tidak layak untuk dijadikan tempat wisata. Lokasinya menjadi penuh sampah begini karena para pengunjungnya yang memang membuang sampah sembarangan. Anda yang melihatnya saja mungkin akan mual karena bau sampahnya yang begitu kuat.

Yang lebih menjengkelkan adalah pantai ini adalah rumah dari banyak penyu karena itu sudah dipastikan penyu-penyu ini sangat terganggu dengan adanya sampah-sampah ini. Anda pasti akan keheranan sendiri mengapa para manusia yang berkunjung ke pantai ini tampak tidak menyadari bahwa pantai ini sangat penting, bukan hanya sekadar lokasi wisata.

Sumber: Twitter @AfrozShah1

Pantainya sendiri berada di Mumbai, India. Mumbai adalah kota yang cukup terkenal di India setelah New Delhi dan memang menjadi andalan wisata India. Namun pantainya yang satu ini memang tidak terawat dengan baik. Kemudian ada kasus ketika ditemukan banyak penyu yang mati di antara tumpukan sampah-sampah itu.

Hingga akhirnya pemerintahan setempat dibantu oleh warganya kemudian melakukan gerakan besar-besaran untuk menyingkirkan sampah-sampah yang ada di sana. Hal ini dilakukan selama 20 tahun dan bukanlah hal yang mudah tentunya.

Sumber: Twitter @AfrozShah1

Sekarang, pantai di Mumbai ini sudah layak ditinggali oleh para penyu yang bertelur dan menghasilkan keturunan. Pantainya kembali indah, tapi tidak bisa dengan sendirinya menjadi seperti ini, ini juga berkat kerja sama banyak pihak.

Sumber: Twitter @AfrozShah1

Para wisatawan masih diizinkan untuk datang, tapi diberlakukan aturan yang sangat ketat. Siapa saja yang membuang sampah di sini pasti akan diberikan hukuman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here